Harga Sejumlah Komoditas di Purbalingga Masih Tinggi

Harga Sejumlah Komoditas di Purbalingga Masih Tinggi

Penjual komoditas sembako di Pasar Segamas. (ADITYA/ RADARMAS)--

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Harga sejumlah komoditas sembilan bahan pokok (sembako) di Kabupaten Purbalingga masih belum normal. Meski, harganya sudah mulai turun sejak, Senin, 17 Juli 2023 lalu.


Fungsional Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga Martha Dwi Budiati mengatakan, harga komoditas yang masih belum normal diantaranya adalah daging ayam ras atau broiler, daging sapi, telur ayam, serta bawang putih.

"Khusus harga daging ayam dan telur ayam masih tinggi, karena harga pakan masih tinggi dan permintaan konsumen juga masih tinggi," katanya kepada Radarmas, Selasa, 18 Juli 2023

Dia menjelaskan, harga daging ayam di pasar tradisional masih tinggi, yakni Rp 39 ribu per kilogram. Sedangkan, harga normal atau sebelum naik Rp 30 ribu per kilogram.

BACA JUGA:Pendapatan Daerah Kabupaten Purbalingga Tahun 2024 Diproyeksikan Lebih Tinggi Rp 11,9 M

Namun, harga terbaru tersebut sudah turun dibandingkan harga sebelumnya yang mencapai Rp 40 ribu per kilogram.

Begitu juga harga daging sapi masih dijual Rp 135 ribu per kilogram. Sedangkan, harga normal atau sebelum kenaikan adalah Rp 120 ribu per kilogram.

Begitu juga harga telur ayam yang masih dijual Rp 31 ribu per kilogram. Harga normal telur ayam adalah Rp 22 ribu per kilogram.

Harga bawang putih kating saat ini adalah Rp 40 ribu per kilogram. Padahal saat masih normal harganya hanya Rp 24 ribu per kilogram.

BACA JUGA:Jamaah Haji Mulai Bergeser ke Madinah, Satu Jamaah dari Kloter 72 Ditinggal di Mekah

Dia menambahkan, Dinperindag Kabupaten Purbalingga terus melakukan pemantauan harga komoditas sembako, setiap hari.

Hal itu dilakukan agar bisa dilakukab intervensi harga melalui operasi pasar atau kebijakan lainnya. Jika ditemukan ada harga komoditas yang melonjak tajam. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: