Akses Aplikasi Silon dibuka Kembali, Kesempatan Kedua untuk Perbaikan Administrasi Bacaleg

Akses Aplikasi Silon dibuka Kembali, Kesempatan Kedua untuk Perbaikan Administrasi Bacaleg

Sejumlah Pimpinan Parpol ikuti sosialisasi pembukaan aplikasi Silon untuk perbaikan dokumen administrasi Bacaleg, Senin 11 Juli 2023.-Weweng Maretno untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap membuka lagi akses aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) selama 7 hari. Berlaku sejak Senin sampai Minggu (10-16 Juli 2023).

Hal itu berdasarkan surat dari KPU pusat No 701/PL .01.4 - SD/05/2023 yang ditujukan pada para pimpinan partai politik, perihal dibukanya akses aplikasi Silon untuk penggantian dokumen perbaikan adminitrasi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg).

"Surat dari KPU pusat tersebut kita sosialisasikan kepada para pimpinan Parpol, kita undang mereka, tapi ada 2 Parpol yang tidak hadir," kata Komisioner KPU Cilacap Divisi Penyelenggaraan Pemilu, Weweng Maretno ketika dikonfirmasi Radarmas, Jumat (14 Juli 2023).

BACA JUGA:Jumlah Bacaleg Berkurang Masih Bisa Ditambah Hingga Sebelum DCS, Ini Penjelasannya

Dengan dibukanya akses tersebut, diharapkan Parpol dapat segera memperbaiki dokumen administrasi para Bacaleg hingga Minggu (16 Juli 2023) sampai pukul 23.59.

"Ini kesempatan yang diberikan kepada para pimpinan Parpol, agar dimanfaatkan sebaik-baiknya," lanjut Weweng.

Namun, jika sampai batas waktu yang ditentukan masih ada Parpol belum serahkan perbaikan dokumen administrasi, maka KPU akan menerbitkan tanda terima dan berita acara pengajuan perbaikan dokumen persyaratan bakal calon.

"Batas akhir tanggal 16 Juli 2023 malam, jika masih saja ada Parpol yang belum menyerahkan maka kita akan tetap terbitkan berita tanda terima," terangnya.

BACA JUGA:Masih Tunggu Aturan dan Jadwal Kampanye, Bawaslu Banyumas Ingatkan Bacaleg Tidak Curi Start

Sementara itu, dibukanya akses Silon disambut baik oleh para pimpinan Parpol. Mereka mengakui, kecepatan menerima informasi menjadi kunci dalam melengkapi dokumen administrasi Bacaleg.

"Kita sangat senang karena perpanjangan ini, kemampuan operator kami juga terbatas sehingga jika kami diberi waktu kembali, maka kami sangat menerima dan akan kami manfaatkan sebaik-baiknya," kata salah satu pimpinan Parpol yang enggan disebut namanya. (Jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: