Rangkaian Sura, Warga di Pekunden Bersih Kubur

Rangkaian Sura, Warga di Pekunden Bersih Kubur

Warga di Desa Pekunden membersihkan makam, Minggu (9/7) sebagai kegiatan rangkaian memperingati Sura.-Sudarmanto untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Warga di Desa Pekunden, Kecamatan Banyumas memulai rangkaian kegiatan peringatan 1 Muharam 1445 Hijriah (Sura) dengan melakukan bersih kubur.

Ketua Pokdarwis Pekunden, Sudarmanto menyampaikan, ada dua makam yang dibersihkan pada Minggu (9/7) pagi. Di Makam Tembaga dan Depok.

Membersihkan makam menjelang Sura untuk memberikan rasa hormat untuk pendahulu yang telah wafat. Sekaligus rasa syukur kepada Tuhan bahwa masih diberi karunia hidup. Juga sebagai pengingat bahwa nantinya akan meninggal dunia.

BACA JUGA:Operasi Patuh Candi 2023 Dimulai 10 Juli, Ini Sasaran Penindakannya

"Lebih penting lagi adalah membersihkan jiwa calon penghuni makam, agar nantinya diberi jalan yang lapang, jembar kuburnya, dan terhindar dari siksa-NYA," papar Sudarmanto.

Warga atau para ahli waris antusias ke makam untuk membersihkan pusara keluarga yang telah meninggal dunia. Bagi yang berhalangan hadir, bisa dengan menyumbangkan konsumsi.

Selain bersih Makam Tembaga dan Depok, juga telah diagendakan banyak kegiatan dalam memperingati Sura. Pekunden mengemas rangkaian kegiatan Sura untuk sarana promosi produk dan daya tarik desa wisata.

BACA JUGA:Begini Serunya Bule Belgia Mengaduk Semen Saat Ikuti Program Summer Camp di Karangsalam, Baturraden

"Agenda berikutnya adalah ziarah makam leluhur Desa Pekunden yang dikemas dalam acara kirab," beber Sudarmanto. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: