Operasi Patuh Candi 2023 Dimulai 10 Juli, Ini Sasaran Penindakannya

Operasi Patuh Candi 2023 Dimulai 10 Juli, Ini Sasaran Penindakannya

Salah seorang Petugas Satlantas Polresta Cilacap saat lakukan capture pengendara yang tidak kenakan helm, Jumat 30 Juni 2023 lalu.-Unit Gakkum Polresta Cilacap untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Terhitung mulai Senin (10 Juli 2023), Satuan Polisi Lalu Lintas Polresta Cilacap akan menggelar Operasi Patuh Candi. Mengutamakan penindakan pelanggaran secara Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Kapolresta Cilacap, Kombes Pol Fannky Ani Sugiharto melalui Kasatlantas, Kompol Nunung Farmadi mengatakan, mulai Senin (10 Juli 2023) pihaknya akan menggelar operasi patuh candi yang serentak dilaksanakan di seluruh jajaran Polda Jateng.

"Ini adalah giat rutin tahunan, namun karena mendekati tahun politik maka akan dilakukan dangan humanis," katanya ketika dikonfirmasi Radarmas, Minggu (9 Juli 2023).

Menurutnya, tingginya angka fatalitas kecelakaan disebabkan tidak dipatuhi beberapa kelengkapan kendaraan oleh pengendara. Pihaknya meminta masyarakat untuk patuh terhadap peraturan lalu lintas.

"Data bulan Mei terjadi 119 Kecelakaan dengan 23 orang meninggal dunia, sedangkan pada bulan Juni terjadi 103 kecelakaan dengan 15 orang meninggal dunia, " lanjut Kasatlantas.

Pada operasi patuh Candi di Kabupaten Cilacap, akan menitik beratkan pada 7 pelanggaran yaitu balapan liar, kendaraan tidak sesuai, pengendara di bawah umur, dan kendaraan over dimensi.

Kemudian pelanggaran lampu lalu lintas, tidak menggunakan helm SNI, dan pengendara menggunakan ponsel ketika berkendara.

"Jika tidak tertangkap kamera ETLE maka akan dilakukan penindakan secara langsung akan tetapi lebih humanis serta edukatif," pungkas Kasatlantas. (Jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: