Capaian Sertifikasi Halal Gratis di Banyumas Tertinggi di Jawa Tengah

Capaian Sertifikasi Halal Gratis di Banyumas Tertinggi di Jawa Tengah

Penyerahan simbolis sertifikat halal gratis kepada pelaku usaha oleh Kepala KanKemenag Banyumas, Kamis (6/7/2023).-YUDHA IMAN PRIMADI/RADAR BANYUMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Berdasarkan data Kantor Wilayah Kemenag Jateng, per Kamis (6/7) pukul 07.05 WIB, capaian sertifikasi halal gratis Kabupaten Banyumas menjadi yang tertinggi di wilayah Jawa Tengah. Total Kankemenag Banyumas sudah mengeluarkan 6.709 sertifikat halal gratis.

Guna melakukan percepatan sertifikasi halal gratis di Provinsi Jateng, Kantor Kemenag Jateng bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banyumas, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Banyumas, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banyumas serta mitra perbankan.

Ketua Penyelenggara Pekan Halal Kantor Kementerian Agama Banyumas, HM Wahyu Fauzi Aziz, SH MSi dalam laporannya mengatakan capaian sertifikasi halal di Kabupaten menduduki rangking pertama di Jawa Tengah. Dengan jumlah sertifikat sebanyak 6.709, Banyumas menjadi yang terbanyak untuk sertifikasi halal per Kamis (6/7) pukul 07.05 WIB. Jumlah itu didapatkan dari hasil penerbitan sertifikat halal berdasarkan pendaftaran sertifikat halal gratis oleh pelaku Usaha dan UKM di Kabupaten Banyumas.

BACA JUGA:Pelaku UMKM di Purbalingga Dapat Fasilitasi Sertifikat Halal Gratis

"Hari ini (Kamis) akan dibagikan secara simbolis 20 sertifikat halal lagi bagi pelaku usaha dan UMKM di Banyumas," katanya.

Fauzi menjelaskan selain pembagian simbolis sertifikat halal bagi pelaku usaha dan UMKM, pihaknya juga membuka pendaftaran sertifikat halal kategori self diclare secara gratis di Aula Kantor Kemenag Banyumas. Dari penyelenggara menyiapkan delapan meja pelayanan dengan banyak Pendamping Produk Halal (PPH).

BACA JUGA:Target 2024 Semua RPH Bersertifikat Halal

"Dari pelaku usaha dan UMKM bisa datang langsung ke Aula Kantor Kementerian Agama Banyumas," terang dia.

Adapun target kuota sertifikasi halal gratis untuk Provinsi Jawa Tengah total sebanyak 209 ribu sertifikat. Per Kamis (6/7), total capaian sertifikasi halal gratis sudah sebanyak 77.594 sertifikat. Rangking tiga besar capaian di Jateng sementara dari Banyumas, Cilacap dan Kota Semarang. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: