Paska Libur, Pelayanan Kartu Pencari Kerja Tetap Mendominasi, Ini Penjelasannya

Paska Libur, Pelayanan Kartu Pencari Kerja  Tetap Mendominasi, Ini Penjelasannya

Ruang pelayanan permohonan dari dinas/OPD dan lembaga pemerintah di MPP Purbalingga. (Amarullah Nurcahyo/Radar Banyumas/dok)--

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.
ID- Sejak resmi dibuka pelayanan Desember 2022 lalu, di Mal Pelayanan Publik (MPP) Purbalingga, paling mendominasi pemohon kartu pencari kerja atau kartu kuning (AK1).

Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP), Muchammad Umar Faozi menjelaskan, setiap hari jumlah pemanfaat/pemohon MPP mencapai 100 orang. Kisaran 90 orang lebih mengurus AK1.

"Senin 2 Juli 2023 mendatang usai libur panjang ini, kami perkirakan dominasi masih sama di kartu pencari kerja. Saat ini pelayanan masih libur," katanya, Jumat 30 Juni 2023 sore.

Pemohon kartu pencari kerja sangat banyak, karena lowongan kerja terus dibuka. Seperti di pabrik PMA, dan lowongan online dan melalui bursa kerja seperti baru- baru ini.

BACA JUGA:Libur Panjang Idul Adha, di Purbalingga Tak Ada Lonjakan Permintaan Elpiji 3 Kikogram

"Banyak dibuka rekrutmen kerja di beberapa perusahaan secara kontinyu memicu banyaknya permohonan kartu ini. Apalagi jika perusahaan bersangkutan mempersyaratkan kartu kuning itu," tambahnya.

Selain kenyamanan ruang pelayanan yang diberikan, ada ruang pengaduan, pojok baca elektronik, tempat bermain anak, ramah difabel, serta tempat parkir yang cukup luas.

"Kami mengimbau masyarakat agar memanfaatkan MPP agar lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan. Khususnya calon investor, pengusaha dan lainnya," rincinya.

Ia mengakui saat ini sedang mempersiapkan untuk rekrutmen kerja di beberapa perusahaan swasta. Sehingga banyak yang mengurus kartu kuning.

BACA JUGA:Kondisi Kesehatan Mulai Menurun, Sejumlah Jamaah Haji Purbalingga Dipasang Infus

“Setelah pengisian formulir kartu pencari kerja secara online, hanya 5 menit, kartu pencari kerja sudah bisa dicetak,” ungkapnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: