18 Lembaga Dilantik, Siap Wujudkan NU Banyumas Digdaya!

18 Lembaga Dilantik, Siap Wujudkan NU Banyumas Digdaya!

Sebanyak 18 Lembaga Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banyumas resmi dilantik, Minggu (25/6/2023. Pelantikan dipimpin langsung Ketua PCNU Banyumas, H. Imam Hidayat MPd I di Kompleks Yayasan Al Huda Sirau, Kemranjen. -Lembaga PCNU Banyumas untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sebanyak 18 Lembaga Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banyumas resmi dilantik, Minggu (25/6/2023. Pelantikan dipimpin langsung Ketua PCNU Banyumas, H. Imam Hidayat MPd I di Kompleks Yayasan Al Huda Sirau, Kemranjen. 

Selain pelantikan lembaga, agenda dilanjutkan dengan Musyawarah Kerja Cabang Banyumas ke-1. Muskercab diikuti unsur syuriyah, tanfidzyah, hingga Majelis Wakil Cabang (MWC/kecamatan). 

"Hari ini adalah 99 hari pasca pelantikan pengurus cabang. kami merasa optimis para ketua lembaga dari berbagai latar belakang baik kalangan agama, profesional dan lainnya. NU Banyumas akan lebih maju dan digdaya," kata Imam Hidayat. 

Ketua PCNU mengajak untuk meluruskan niat, ikhlas berkhidmat dan berkomitmen untuk NU, masyarakat bangsa san negara. Sejumlah rekomendasi konferensi PCNU Banyumas  antara lain penyatuan PC Muslimat Banyumas dan PC Muslimat NU Sokaraja. Selain itu ada juga optimalisasi kinerja LazisNU dan lainnya.

Kiai IH begitu akrab disapa menegaskan agar semua lembaga hingga MWCNU mampu mendigdayakan jam'iyah yang bermuara pada kesejahteraan dan kemaslahatan umat.

"Semua pemasukan anggaran dari lembaga, banom semua satu pintu di tingkat cabang NU. Selain itu ada juga sekarang juga sedang dikembangkan SISNU dan akan segera ditindaklanjuti ke tingkat ranting," tegasnya.

Rois Syuriah PCNU Banyumas, KH Drs Mughni Labib juga meminta kepada seluruh pengurus jam'iyah NU Banyumas untuk selalu berpegang teguh pada segala aturan organisasi dan amanat dari para muasis NU. Kebijakan strategis NU diharapkan dapat dilaksanakan dengan penuh khidmat untuk mendigdayakan NU di abad kedua. 

"NU akan menjadi ormas yang powerfull dan berkhidmat untuk masyarakat, bangsa dan negara. Untuk itulah peningkatan kapasitas organsisasi di semua lini harus dilaksanakan termasuk eksplorasi, optimasi potensi jam'iyah," katanya. 

PCNU yang telah dilantik Maret diharapkan dapat menyelesaikan tantangan sebagai peluang. Diharapkan kerja yang akuntabel, transparan, progresif, revolusioner bisa dilaksanakan untuk agama bangsa dan negara diwujudkan dalam pelaksanaan program perkumpulan jangka pendek, menengah dan panjang," jelasnya. 

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Tengah KH Drs Muzammil meminta seluruh pengurus lembaga yang telah dilantik bekerja dengan penuh khidmat dan ikhlas agar NU semakin eksis dan memberikan manfaat dan barokah yang besar untuk semua. 

"Komitmen menjalankan organisasi sebagaimana yang diamanatkan para muasis harus dilaksanakan, mulai dari dasar qonun asasi, mabadi jam'iyah, AD ART, khittah NU dan lainnya. Semua harus bekerja sesuai dengan kompetensinya masing-masing," katanya. 

Selain itu kata Kiai Muzammil, kesadaran kolektivitas untuk bisa saling bekerjasama dan bersama-sama bisa dilaksanakan seluruh jajaran jam'iyah NU di semua tingkatan dengan pihak lainya. 

"Yang terpenting adalah bagaimana memberdayakan agar pengurus rantin ini berdaya. Karena tidak ada arti pengurus di atasnya tanpa eksistensi pengurus ranting. Dengan eksisnya pengurus ranting maka NU akan berhasil guna di tingkatan paling terbawah," ujarnya.

Turut hadir dan menyambut pelantikan lembaga dan Muskercab ke-1 NU Banyumas, Bupati Banyumas, Achmad Husein, pimpinan Bank Syariah Indonesia, hingga tamu undangan lainnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: