Sinergitas Jaga Kondusifitas Wilayah, TNI Polri dan Pemda Banyumas Giatkan Patroli Skala Besar

Sinergitas Jaga Kondusifitas Wilayah, TNI Polri dan Pemda Banyumas Giatkan Patroli Skala Besar

PATROLI : Tim gabungan TNI Polri saat melakukan patroli skala besar di Jalan Gerilya Timur beberapa waktu lalu.-SATPOL PP BANYUMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Demi menjaga kondusifitas wilayah di Kabupaten Banyumas, setiap malam di hari libur TNI, Polri dan Pemerintah Daerah di Kabupaten Banyumas rela mengorbankan waktu tidurnya untuk melakukan pengamanan.

Mereka menduduki sejumlah titik rawan sejak pukul 23.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB untuk melakukan pengamanan yang disebut dengan istilah “Patroli Skala Besar” demi memberikan kenyamanan kepada masyarakat dan cipta kondisi kejahatan jalanan serta aksi-aksi gangguan kantibmas yang kerap meresahkan.

Alhasil, sejak patroli yang melibatkan tim gabungan TNI Polri dan Satpol PP di Banyumas itu berjalan, hingga saat ini sudah tidak ditemui adanya aduan masyarakat mengenai aksi-aksi gangguan kantibmas yang biasanya sering terjadi pada malam hari libur.

BACA JUGA:Hindari Mobil, Motor Roda Tiga Masuk Jurang di Jalan Raya Wangon-Jatilawang Banyumas

Kapolresta Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu melalui Kabag Ops Polresta Banyumas Kompol Agus Amjat Purnomo mengungkapkan, patroli skala besar itu digelar untuk mengantisipasi terjadinya kejahatan jalan, dan aksi-aksi gangguan kantibmas lainnya di sejumlah titik rawan.

Dikatakannya, patroli itu dilaksanakan dengan sinergi TNI Polri dan Pemda melalui Satpol PP untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

“Jadi setiap kegiatan patroli skala besar ini, kita sinergi. Dengan melibatkan 4 personil dari TNI, 10 dari Satpol PP dan 30 dari Polresta,” ungkap Kabag Ops Polresta Banyumas, Sabtu (10/6). 

BACA JUGA:Pendaftaran Bawaslu Banyumas Diperpanjang Hingga 21 Juni

Dengan menduduki sejumlah titik rawan, seperti jalan S Parman, jalan Gerilya Timur, jalan Soeparjo Rustam, jalan Lingga Mas, jalan Jenderal Soedirman, Jalan Losari, dan jalan kerap diadukan oleh masyarakat terkait balap liar.

“Sejak kita duduki jalan-jalan rawan hasilnya nihil,” lanjut Kabag Ops.

Dijelaskan, patroli skala besar tersebut melibatkan puluhan personil yang akan berjaga secara bergantian dalam selang waktu dua jam. Patroli skala besar ini sendiri dimulai dari pukul 23.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB pagi. 

BACA JUGA:Keluarga Tahanan yang Diduga Dianiaya Sesama Tahanan, Belum Puas Dengan Proses Hukum yang Berjalan

Sehingga tentunya, mereka yang sering melakukan aksi balap liar ataupun aksi kejahatan jalanan di jalan yang dijaga oleh petugas tersebut, pasti akan mengurungkan niat lantaran melihat personil gabungan berjaga.

“Bergantian piket dari Polsek jajaran, per 2 jam, Patroli Lantas dan tim Patroli Presisi Reaksi Cepat (PRC), alhamdulillah sudah tidak ditemukan adanya balap liar,” jelas Kompol Agus Amjat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: