Pelantikan Salah Satu Pejabat di Unsoed Menuai Protes dari BEM Unsoed

Pelantikan Salah Satu Pejabat di Unsoed Menuai Protes dari BEM Unsoed

Tangkapan layar cuitan akun BEM Unsoed di Twitter.--

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pelantikan salah satu pejabat di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menuai protes dari pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unsoed 2023.

Pasalnya, seperti yang dikutip dari flyer yang diunggah oleh akun @BEM_Unsoed di twitter, diduga Rektor Unsoed melantik pelaku kekerasan seksual menjadi pejabat kampus. 

Dalam postingan itu juga dituliskan Unsoed Darurat Kekerasan Seksual. 

BACA JUGA:PPDB SMAN/SMKN Jateng 2023, Ganjar Tambah Kuota 7.920 Kursi

"Kasus kekerasan seksual bukan sebatas tindakan asusila, tetapi merupakan tindakan kejahatan yang melanggar hak asasi manusia," tulisnya dalam unggahan tersebut. 

Apalagi dijelaskan, universitas merupakan sebuah institusi pendidikan yang seharusnya menjadi tonggak dalam pemberantasan kekerasan seksual. Ironisnya, sering kali mereka lalai dalam tugasnya.

"Munculnya serangkaian kasus kekerasan seksual, disinyalir karena rektorat yang tidak serius dalam menegakan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Permendikbud) Nomor 30 tahun 2021 tentang Pencegahan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi," sambung keterangan dalam postingan tersebut. 

BACA JUGA:Nelayan Resah karena Kemunculan Kawanan Buaya di Muara Sungai Kalisarah, Pasang Jaring Perangkap

Untuk itu pun, menurutnya, BEM Unsoed mengajak seluruh Keluarga Besar Mahasiswa Universitas terus mengawal dan menegakkan bersama penegakan kasus kekerasan seksual yang ada di kampus. 

Saat dikonfirmasi terkait hal itu, juru bicara Unsoed Mite Setiansah mengungkapkan, sudah melakukan tindak lanjut atas postingan di media sosial BEM Unsoed.

“Semalam kami sudah langsung melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Antara lain Ketua Satgas PPKS (Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual), pimpinan universitas dan juga BEM melalui Wakil Rektor III,” ungkapnya. 

Dikatakan, dari hasil koordinasi, pada Rabu (14/6/2023) hari ini akan dilaksanakan rapat pimpinan. 

"Dari hasil koordinasi, informasi akan disampaikan langsung oleh Wakil Rektor III. Dan pada pagi ini akan dilaksanakan rapat pimpinan untuk menindaklanjuti hal tersebut. Nanti, informasi lain akan disampaikan menyusul,” terangnya.

Sementara itu hingga pukul 16.35, postingan tersebut masih ada di twitter akun @ BEM_Unsoed.(win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: