Menparekraf Sandiaga Uno Berkunjung ke Kampung Nopia, "Nempel Nopia Seperti Politik, Tak Boleh Ditekan"

Menparekraf Sandiaga Uno Berkunjung ke Kampung Nopia,

BERKUNJUNG : Bersama Bupati Banyumas (kiri), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno (kanan) mempraktikkan membuat Nopia dengan menempelkan adonan ke dinding dalam tungku yang berbentuk seperti mangkuk terbalik, Minggu sian-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

Dengan masuk nominasi 75 besar ADWI dan visitasi dari Menparekraf menjadi pemacu semangat untuk semakin meningkatkan pelayanan wisata di Pekunden.

Tercatat sebanyak 21 orang perajin di Kampung Nopia yang terus mempertahankan produksi secara tradisional menggunakan gentong. Tidak tergiur memakai oven modern.

"Pembuatan nopia dengan gentong, yang tadi ditempel oleh Pak Menteri itu sesuatu yang sangat susah. Hanya orang tertentu yang mau melestarikan," imbuh Agus.

Sejak Kampung Nopia menjadi kelompok kerja (Pokja) Desa Wisata Kreatif Pekunden, Agus membeberkan Kampung Nopia semakin populer. Distribusi produk lebih luas dan kunjungan lebih ramai.

Menparekraf Sandiaga Uno didampingi oleh Bupati Banyumas Ir H Ahmad Husein beserta istri, Forkompimda Banyumas, jajaran OPD Kabupaten Banyumas dan pihak terkait lainnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: