Kenaikan Harga Telur Ayam Ras dan Daging Ayam Ras Picu Inflasi di Cilacap

Kenaikan Harga Telur Ayam Ras dan Daging Ayam Ras Picu Inflasi di Cilacap

Seorang pedagang menjual telur ayam ras di Pasar Randu Kroya -Rayka Diah Setianingrum/Radar Banyumas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kenaikan harga daging ayam ras dan telur ayam ras, picu inflasi selama Mei 2023 di Kabupaten Cilacap. Pada bulan tersebut, Cilacap mengalami inflasi sebesar 0,22 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 115,05. 

Kepala BPS Cilacap, Isnaini mengatakan, inflasi pada bulan Mei 2023 lebih rendah dibandingkan bulan April, yakni sebesar 0,28 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 114,80.

"Lima komoditas penyumbang inflasi di Cilacap itu ada telur ayam ras sebesar 0,0727 persen, daging ayam ras 0,0405 persen, bawang merah sebesar 0,0363 persen, rokok kretek filter sebesar 0,0332 persen dan jeruk sebesar 0,0174 persen," jelasnya.

BACA JUGA:Baru 1 Desa Wisata di Cilacap Berstatus Berkembang dari 29 Desa Wisata

Dikatakan Isnaini, penurunan yang cukup signifikan ini, menunjukkan upaya yang telah dilakukan Pemkab Cilacap dengan pihak terkait dalam upaya pengendalian laju inflasi. Seperti yang dilakukan oleh Pemkab Cilacap secara berkelanjutan yakni adanya pasar murah. 

Selain itu, untuk mendukung ketahanan pangan di Indonesia, pihaknya juga melakukan sensus pertanian di Kabupaten Cilacap selama dua bulan ini, dimulai sejak 1 Juni 2023 hingga 31 Juli 2023.

Untuk itu, seluruh pengusaha pertanian diminta untuk mengumpulkan data dan mencatat bagaimana kondisi pertaniannya agar diketahui potensi pertanian di Kabupaten Cilacap. 

BACA JUGA:Viral! 7 Hari Mau Lamaran, Ceweknya Kepergok Selingkuh di Salah Satu Kafe di Banyumas

"Sehingga yang katanya produksi beras di Cilacap tinggi itu bisa dilihat, sebenarnya posisi berasnya itu ada dimana. Dijual kemana, karena nantinya akan mendorong terjadinya inflasi dan berakibat tidak tercapainya kesejahteraan masyarakat," ujar Isnaini. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: