Satu Hari Bersihkan Sampah Di Teluk Penyu, Terkumpul Hampir 1 Ton

Satu Hari Bersihkan Sampah Di Teluk Penyu, Terkumpul Hampir 1 Ton

Sejumlah masyarakat tampak sedang memungut sampah di area Pantai Teluk Penyu, Jumat 09 Juni 2023.-Deni Nuryandain untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Peringati Hari Lingkungan Hidup, sebanyak 200 orang dari berbagai elemen masyarakat di sekitar pantai Teluk Penyu lakukan bersih-bersih sampah di Pantai Teluk Penyu, Jumat (9/6). Dan terkumpul 850 kilogram (kg) kg atau hampir 1 ton sampah.

"Sampah-sampah yang bernilai ekonomis akan diserahkan ke bank sampah, kemudian sisanya kami kirim ke TPST untuk dijadikan RDF," beber Manajer Comrel Solusi Bangun Indonesia (SBI), Dewi Hestyani sebagai penginisiasi program.

Sebelumnya, dalam rangka peringati hari lingkungan hidup, segenap karyawan SBI melakukan pilah sampah di lingkungan pabrik serta rumah masing-masing, hingga terkumpul sampah palstik 98 kg, kardus 774 kg, botol kaca 36 kg, besi 13 kg, dan jelantah sebanyak 9 liter.

BACA JUGA:Legenda Timnas Resmi Akan Melatih PSCS Cilacap di Liga 2 Musim 2023/2024

Sedangkan pada aktivitas bersih-bersih sampah di Pantai Teluk Penyu, elemen masyarakat yang berpartisipasi terdiri dari pelajar, mahasiswa, penggiat lingkungan hidup, kelompok nelayan, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Kita harus menjaga kebersamaan ini, momen hari lingkungan hidup menjadi momentum untuk menjaga kelestarian lingkungan," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sri Murniati, Jumat (9/6).

Pantai Teluk Penyu yang jadi ikon Kota Cilacap, merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi masyarakat, baik lokal maupun dari luar daerah. Sehingga segala aspek daya dukung harus dioptimalkan termasuk kebersihan pantai.

BACA JUGA:Kerap Mengamuk dan Bawa Sajam, ODGJ di Evakuasi

"Pantai ini sudah menjadi ikon, banyaknya aktifitas nelayan serta pemandangan pulau nusakambangan harus didukung dengan kondisi pantai yang bersih, itu akan membuat nyaman wisatawan yang berkunjung," bebernya.

Sementara itu, ketua kelompok Nelayan Pandanarang, Tukimin (42) mengaku sangat gembira dan menyambut baik kegiatan itu. Menurutnya, kebersihan pantai Teluk Penyu merupakan tanggung jawab bersama.

"Kita para nelayan yang setiap hari beraktifitas disini merasa terbantu sekali, jadi kebersihan pantai bukan hanya tanggung jawab nelayan saja, kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kebersihan," tuturnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: