Kolam Retensi di Kawasan Jalan Bung Karno Ditarget Selesai Desember 2023

Kolam Retensi di Kawasan Jalan Bung Karno Ditarget Selesai Desember 2023

PEMBANGUNAN KOLAM RETENSI : Aktivitas alat berat di area pembangunan kolam retensi jalan Bung Karno Purwokerto, Kamis (8/6/2023).-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID  - Pembangunan kolam retensi yang dibangun di kawasan Jalan Bung Karno, ditarget rampung Desember tahun ini. kolam retensi nantinya akan dilengkapi landscape yang terdiri dari ruang terbuka hijau dan jogging track sepanjang 537 meter. 

"Tahap dua saat ini progresnya sudah 10,34 persen. Dengan nilai kontrak Rp 41,9 miliar," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banyumas Kresnawan Wahyu Kristoyo.  

Kresnawan menuturkan, pembangunan kolam retensi dilakukan dalam dua tahap. Untuk tahap dua ini pembangunan difokuskan pada pembuatan kantong lumpur dan saluran intake. 

BACA JUGA:Pendaftar Calon Anggota Bawaslu Banyumas 45 Orang, Belum Memenuhi Kuota Perempuan

"Nanti akan ada gapura tematik dan taman-taman, parkir, open space, pagar pengaman. Jadi benar-benar sudah komplit," ujarnya. 

Dikatakan, kolam retensi nantinya akan menjadi satu dengan kolam masjid agung yang saat ini masih proses pembangunan. 

"Rencananya kolam retensi akan diresmikan akhir Desember nanti," ujarnya. 

Meski mengakomodir sarana ruang terbuka hijau, pembangunan kolam retensi tetap difungsikan untuk konservasi air. Salah satunya adalah untuk pengendalian banjir. 

"Juga sebagai penyimpan cadangan air di perkotaan Purwokerto," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: