Pendaftar Calon Anggota Bawaslu Banyumas 45 Orang, Belum Memenuhi Kuota Perempuan

Pendaftar Calon Anggota Bawaslu Banyumas 45 Orang, Belum Memenuhi Kuota Perempuan

PENDAFTARAN : Proses pendaftaran anggota Bawaslu untuk zona 6 di kantor sekretariat Timsel beberapa waktu lalu.-TIM SELEKSI ZONA 6 UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pendaftaran Calon Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banyumas periode 2023-2028 telah ditutup pada Rabu (7/6/2023). Total pendaftar di Kabupaten Banyumas sebanyak 45.

Kabupaten Banyumas masuk dalam zona 6, yang meliputi Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga dan Banjarnegara. Dari jumlah pendaftar, Tim Seleksi menyebutkan jika kuota perempuan belum terpenuhi. 

Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Zona 6, Dr Oedjijono mengatakan, pendaftar calon anggota Bawaslu dari kalangan perempuan masih minim. 

BACA JUGA:Lama Nihil di Pekuncen, Satu Warga Semedo Meninggal Akibat Covid-19

"Jika sesuai aturan, kuota perempuan seharusnya 30 persen dari pendaftar yang masuk," tuturnya. 

Untuk wilayah Banyumas, dari 45 pendaftar, perempuan berjumlah 12. Artinya, baru 21,05 persen. Hal itu memungkinkan proses pendaftaran diperpanjang.

"Untuk pengumuman perpanjangan pendaftaran akan kami umumkan pada Senin (12/6/2023)," kata dia. 

BACA JUGA:Dinperkim Banyumas Fokus Perencanaan Rumah Susun

Perpanjangan masa pendaftaran dilakukan mulai Selasa (13/6/2023) hingga Kamis (15/6/2023). "Ini kesempatan, terutama bagi pendaftar perempuan untuk mendaftarkan diri," tuturnya. 

Dia menambahkan, berkas pendaftaran bisa dikirimkan secara langsung ke kantor sekretariat Timsel di Jalan Brigjen Encung No 8, Kelurahan Purwanegara, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas. 

"Atau bisa juga dikirimkan melalui pos kilat khusus," ujar dia. 

Sementara itu untuk zona 6, keseluruhan id ada yang memenuhi kuota perempuan. Untuk Kabupaten Cilacap kuota perempuan 13,36 persen, Kabupaten Purbalingga 19,57 persen, dan Kabupaten Banjarnegara 15,56 persen. 

Diberitakan sebelumnya, anggota Bawaslu di masing-masing kabupaten/kota berjumlah lima orang. Untuk pendaftaran calon anggota Bawaslu zona 6 yang meliputi Banyumas, Purbalingga, Cilacap, dan Banjarnegara,  formulir berkas pendaftaran dapat diperoleh sekretariat Tim Seleksi. (mhd) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: