Harga Telur Melambung, Capai Rp 32 Ribu Per Kg

Harga Telur Melambung, Capai Rp 32 Ribu Per Kg

Pedagang hendak mengemas telur ayam untuk dijual eceran (19/5/2023). Harga telur kini mengalami kenaikan.-Foto Dimas Prabowo / Radar Banyumas -

PURWOKERTO - Harga telur ayam ras mengalami kenaikan. Hingga kini, Harga telur masih diangka Rp 32.000. Kondisi tersebut sudah dialami sekitar satu pekan. Salah satu penjual telur di Pasar Manis, Dewi Lestari mengatakan, saat ini Harga telur Rp 32.000.

"Naiknya sudah semingguan. Sebelum ini sekitar Rp 28.000," kata dia. 

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Dinperindag Banyumas, Gatot Epri mengatakan untuk harga normal pada telur ayam ras dikisaran Rp 27.000. 

"Kenaikan harga telur ini sudah terjadi sejak seminggu yang lalu. Hal ini dikarenakan adanya permintaan yang tinggi, sedangkan di kandang masih proses afkir," ujar dia. 

Senada, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Rony Hartawan mengatakan meski mengalami kenaikan, namun harga telur masih terkendali. 

"Memang untuk fenomena kenaikan harga telur, antara lain juga diakibatkan karena tingginya permintaan daging ayam di Hari Raya dan adanya peternak yang memotong ayam petelur (afkir) untuk memenuhi demand tersebut. Sehingga mengurangi pasokan telur," ujar dia. 

Dia katakan, di Purwokerto, harga telur ayam ras pada bulan April berhasil dipertahankan dengan level stabil. Serta tidak ada inflasi pada komoditas tersebut. 

"Sedangkan peningkatan harga hingga pertengahan Mei ini, merupakan imbas dari kenaikan harga diseluruh daerah di Indonesia," tandasnya. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: