Hari Terakhir Pendaftaran Bacaleg DPRD di KPU Banyumas, Hingga Sore 12 Partai Sudah Masuk Berkas

Hari Terakhir Pendaftaran Bacaleg DPRD di KPU Banyumas, Hingga Sore 12 Partai Sudah Masuk Berkas

Hari terakhir pendaftaran Bacaleg DPRD di KPU Banyumas hingga sore 12 Partai sudah masuk berkas. Terlihat rombongan PKB saat datang membawa rombongan hadroh dan barongsai, Sabtu (135).-Foto Mahdi / Radar Banyumas -

PURWOKERTO - Hari Minggu, (14/5) adalah hari terakhir pengajuan pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg) DPRD Kabupaten Banyumas dalam Pemilu 2024 ke KPU Banyumas. Sebab dalam PKPU 10 Tahun 2023, disebutkan bahwa masa pengajuan bakal calon adalah 1-14 Mei 2023. 

Anggota KPU Banyumas, Hanan Wiyoko mengatakan hingga partai yang sudah mendaftar adalah PKS 50 orang, NasDem 50 orang, PDIP 50 orang, PKN 36 orang, Partai Demokrat 50 orang, Partai Golkar 50 orang, PBB 50 orang, PPP 50 orang, Partai Gerindra 50 orang, dan PKB 50 orang.

Kesepuluh partai tersebut sudah terdaftar. Sedangkan pada hari ini, Minggu (14/5) hingga pukul 14.30, berkas pendaftaran yang sudah masuk adalah dari PAN 50 orang dan PSI 26 orang.

"Hari terakhir (Minggu - 14/5), pendaftaran ditunggu hingga pukul 23.59," tuturnya. 

Beragam cara partai politik dalam mendaftarkan bacalegnya. Mulai dari membawa rombongan bacaleg, sampai dengan menampilkan beragam pertunjukan. Seperti pada Sabtu (13/5), yang cukup menarik perhatian masyarakat sekitar kantor KPU Banyumas.

Yaitu saat DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Banyumas datang dengan membawa rombongan kolaborasi kesenian hadroh yang dipadukan dengan pertujukkan barongsai atau liong. 

Rombongan bacaleg PKB tersebut berjalan kaki dari air mancur Berkoh menuju kantor KPU Banyumas. Terlihat anak-anak kecil dan warga mengikutinya karena adanya pasukan hadroh dan dua liong yang beratraksi meliuk-liuk.

Ketua DPC PKB Banyumas, H.Ahmad Darisun mengatakan, momentum pendaftaran bacaleg ini sekaligus sebagai upaya untuk mengingatkan kembali ajaran Abdurrahman Wahid (Gusdur) tentang pluralisme dan toleransi. 

"Sebab, tak dipungkiri jika Tionghoa juga mengidolakan Gusdur. Barongsai ini merupakan salah satu saksi perjuangan Gusdur dan kita ingin masyarakat kembali mengingat sosok beliau yang luar biasa. Dan hadroh sendiri merupakan kesenian yang identik dengan warga NU. Sehingga kedua kesenian tersebut kita padukan. Ini hanya di Banyumas saja," ujar dia. 

Hari Terakhir Pendaftaran Bacaleg DPRD di KPU Banyumas, Hingga Sore 12 Partai Sudah Masuk Berkas

Pada saat rombongan PKB datang ke KPU Banyumas, ada hal yang juga tak kalah menarik. Yaitu bertemunya PKB dengan Gerindra. Dimana, diketahui bersama bahwa gaung koalisi PKB Gerindra untuk Pilpres 2024 sudah tercium dari pusat. 

Soal ini, Ahmad Darisun menyebut jika pertemuan tersebut tidak dirancang. Dan menjelaskan jika pertemuan secara kebetulan saja, karena instruksi dari DPP PKB, pendaftaran diminta pukul 14.00.

"Yang kebetulan waktunya hampir bersama dengan Gerindra. Kalau terkait dengan pilpres, sampai saat ini memang belum ada instruksi dari pusat. Bahwa dipertemukan di pendaftaran bacaleg ini, artinya Allah SWT mempertemukan di KPU ini bisa bersama-sama," imbuhnya. 

Sementara itu, DPC Partai Gerindra Kabupaten Banyumas yang mendaftarkan 50 bacalegnya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyumas, juga bertekad untuk meraih posisi partai terbesar nomor dua di Banyumas. Ketua DPC Partai Gerindra, Ir.Budiyono mengatakan, prioritas target yang ingin diraih Gerindra adalah menjadi partai terbesar ke-2 di Kabupaten Banyumas, setelah PDI Perjuangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: