Ketua DPRD Cilacap Soroti Penanganan Bencana di Kabupaten Cilacap

Ketua DPRD Cilacap Soroti Penanganan Bencana di Kabupaten Cilacap

Penanganan jalan ambles di Wanareja, kini sudah dapat dilalui kendaraan roda empat-BPBD CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kabupaten CILACAP merupakan supermarket bencana di wilayah Jawa Tengah. Bahkan sejak awal tahun 2023 ini, sejumlah bencana seperti tanah longsor, banjir, angin kencang pun terjadi di Kabupaten CILACAP

Kondisi ini pun menjadi perhatian sejumlah pihak. Termasuk Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Taufik Hidayat. Taufik pun menyoroti sejumlah kebijakan Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam melakukan antisipasi dan penanganan bencana. 

Seperti yang terjadi baru-baru ini, banjir di wilayah Cilacap kota dan jalan provinsi di Kecamatan Wanareja yang ambruk. Pihaknya pun meminta sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk mematangkan kegiatan mitigasi bencana. 

"Hal ini bisa menjadi acuan untuk membuat rancangan pembangunan ke depan. Saya berpesan kepada Bu Pj Bupati, agar saat membuat RPD dapat membuat Perbup terkait resiko bencana alam, bagaimana pencegahannya, bagaimana penanganannya," ujarnya. 

Selain itu, dalam melakukan bidding dan assesmen pengisian kepala OPD bisa sesuai kemampuannya. Sehingga dalam menyusun RPD kedepan bisa sesuai dengan kondisi yang dialami oleh masyarakat. 

"Terkait penanganan banjir nanti kami juga akan komunikasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). Agar mendapatkan hasil dan solusi bersama. Seperti Jalan Provinsi di Wanareja ini, jika masih memungkinkan adanya drain terbuka akan dibangun. Kita akan komunikasikan juga ke kementerian jika masih ada anggaran untuk membangun, " ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: