Jumlah KPM Penerima PKH Tahap Dua di Ajibarang Turun

Jumlah KPM Penerima PKH Tahap Dua di Ajibarang Turun

Pencairan PKH di wilayah Ajibarang tahun lalu.-yudha Iman Primadi/Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Bulan ini menjadi tentang waktu pencairan tahap dua Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Banyumas. Di Kecamatan Ajibarang, jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk tahap dua turun.

Pendamping PKH Ajibarang, Sasmoyo mengatakan, jumlah penerima PKH tahap dua di Kecamatan Ajibarang sedikit menurun dibandingkan tahap satu. Jika di tahap satu jumlah penerima PKH sebanyak 6.279 KPM, sedangkan di tahap dua jumlah penerima hanya 6.211 KPM.

"Berkurang sampai 68 orang," katanya sat ditemui Radarmas, Selasa (9/5).

BACA JUGA:Tabung Gas 3 Kg Bocor, Warung Milik Warga Cipari Terbakar

Sasmoyo menjelaskan, desa di Ajibarang dengan jumlah KPM terbanyak ada di Desa Darmakradenan, dengan 839 KPM. Di bawahnya ada Kracak dengan 818 KPM, dan Banjarsari 592 KPM.

Jumlah penerima KPM di satu desa salah satunya dipengaruhi oleh luas wilayah yang berpengaruh terhadap tingkat kepadatan penduduk.

"Seperti Darmakradenan, wilayahnya cukup luas," terang dia.

BACA JUGA:Dapat Saldo DANA Gratis CAIR Rp 150 Ribu, Cek Caranya di Sini

Adapun jumlah nominal PKH yang digelontorkan pada tahap satu (Januari, Februari, dan Maret) untuk 6.279 KPM di Banyumas, sekira Rp 4,3 milyar. Dengan jumlah KPM masih sebanyak enam ribuan orang, maka angka bantuan yang dicairkan tidak jauh berbeda.

"Pencairan tergantung pusat. Tahap satu tahun di bulan Maret sebelum puasa," pungkas Sasmoyo. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: