Catat! Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu di Eks Karesidenan Banyumas Dibuka Pertengahan Mei 2023

Catat! Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu di Eks Karesidenan Banyumas Dibuka Pertengahan Mei 2023

Tim Seleksi calon anggota Bawaslu wilayah eks Karesidenan Banyumas, saat mengikuti pembekalan di Semarang.-Bawaslu untuk Radarmas-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Masa jabatan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Purbalingga, bakal usai dalam waktu dekat ini. 

Hal itu terungkap dalam rencana Bawaslu RI, yang akan mulai membuka pendaftaran Seleksi Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota seluruh Indonesia periode 2023-2028. Termasuk di dalamnya Bawaslu Kabupaten Purbalingga

“Pembukaan pendaftaran anggota Bawaslu, kemungkinan akan dilaksanakan pertengahan Mei 2023,” kata Ketua Tim Seleksi calon anggota Bawaslu wilayah eks Karesidenan Banyumas Oedjijono, Minggu, 7 April 2023.

Dosen Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto ini menambahkan tahapan pendaftaran dan seleksi calon anggota Bawaslu di wilayah eks Karesudenan Banyumas akan diumumkan secara terbuka.  

Sebelumnya, diketahui Bawaslu RI telah membentuk Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota seluruh Indonesia periode 2023-2028. Di dalamnya termasuk Kabupaten Purbalingga, yang masuk wilayah eks Karesidenan Banyumas.

Hal itu tertuang dalam Surat Bawaslu RI Nomor 325/KP.01.00/K1/04/2023, tentang  Pembentukan Tim Seleksi Calon Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten/Kota Periode 2023-2028.

Surat tertanggal 19 April 2023  itu ditandatangani langsung oleh Ketua Bawaslu RI Ahmad Bagja.

Seleksi anggota Bawaslu di Jawa Tengah ada enam zona. Yakni zona 1 (eks Karesidenan Semarang), zona 2 (eks Karesidenan Pati), zona 3 (eks Karesidenan Surakarta), zona 4 (eks Karesidenan Pekalongan), zona 5 (eks Karesidenan Kedu), serta zona 6 (eks Karesidenan Banyumas).

Di wilayah zona 6 atau eks Karesidenan Banyumas, tim seleksi terdiri dari Oedjijono (Dosen Fakultas Biologi Unsoed Purwokerto), Saliyo (Dosen IAIN Kudus),  serta Joko Santoso (Ketua PWI Purbalingga/praktisi media), Fathul Aminudin Aziz (Dosen IAIN Purwokerto), serta Sarbini (Dosen IAIN Surakarta).

Tim seleksi ini akan melaksanakan tahapan pendaftaran serta tes untuk seleksi calon anggota Bawaslu di Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Purbalingga, serta Kabupaten Banjarnegara. 

Sementara itu, berdasarkan data yang ada, saat ini formasi anggota Bawaslu Kabupaten Purbalingga. Terdiri dari Imam Nurhakim (ketua), serta empat anggota Teguh Irawanto, Misrad, Joko Prabowo dan Setiawati. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: