Ribuan Pencari Kerja Menyerbu Job Fair 2023 Hari Pertama di Menara Teratai

Ribuan Pencari Kerja Menyerbu Job Fair 2023 Hari Pertama di Menara Teratai

Bupati Banyumas saat meninjau job fair di Convention Hall Menara Teratai, Sabtu (6/5). Ahmad Erwin/Radarmas--

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID- Ribuan pencari kerja menyerbu kegiatan Job Fair 2023 yang dilaksanakan oleh Pemda Banyumas melalui Dinakerkopukm Banyumas bersama Kementerian Tenaga Kerja di, Convention Hall Menara Teratai Jalan Bung Karno, Sabtu (6/5) pagi ini. 

Berlangsung hingga hari Minggu (7/5) besok, Job Fair 2023 itu menyediakan 3507 lowongan kerja dengan 203 jabatan. 

Tercatat ada 63 perusahaan yang memberi lowongan pekerjaan pada kegiatan job fair itu, baik untuk pencari kerja umum maupun pencari kerja dari kalangan disabilitas. 

Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein saat membuka kegiatan job fair mengatakan, ada fenomena menarik mengenai pencari kerja saat ini. 

"Dari survei BPS, banyak orang pengangguran, mencari kerja, tapi ketika ada lapak kerja, mereka tidak buru-buru ambil, tidak buru-buru daftar bekerja," katanya.

Bupati menjelaskan, generasi pencari kerja saat ini memiliki kecenderungan menghindari pekerjaan yang kotor, berbahaya dan sulit. 

"Ada kecenderungan, sesuatu yang aneh terjadi semakin kesini, generasinya ialah generasi yang menghindari 3 D, Dirty, Dangerous dan Difficult. Tidak lagi suka yang kotor, susah dan sulit. Ini femomena yang terjadi dan kondisi ini kita antisipasi," jelasnya. 

Menurutnya generasi sekarang lebih banyak memilih pekerjaan bermain saham, dan youtube. 

"Dan saya yakin minimal 20 persen generasi yang kesini itu berani mengambil tantangan," imbuhnya. 

Sementara itu, Kepala Dinnaerkop UKM Kabupaten Banyumas Wahyu Dewanto mengungkapkan, sebanyak 3507 lowongan pekerjaan yang dibuka pada job fair tersebut. 

"3507 lowongan pekerkaan, dan saat ini telah ada 3842 pendaftar," ungkapnya. 

Wahyu juga menerangkan, dilaksanakannya job far itu untuk mempertemukan pencari kerja dan pemberi kerja baik online maupun offline. 

"Ini ada 63 perusahaan, 58 perusahaan yang hadir secara langsung dan 5 perusahaan secara online," sambungnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: