Tempat Wisata Ikonik di Banyumas yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga Saat Libur Lebaran

Tempat Wisata Ikonik di Banyumas yang Wajib Dikunjungi Bersama Keluarga Saat Libur Lebaran

Pengunjung tengah menikmati suasana keindahan alam di Lokawisata Baturraden. (Dimas Prabowo/Radar Banyumas)--

RADAR BANYUMAS - Mudik lebaran selain menjadi momen untuk menjalin silaturahmi, juga sekaligus merupakan saat yang pas untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Begitu juga dengan para pemudik yang sedang 'pulang kampung' ke Banyumas.

Ada banyak tempat wisata ikonik dan menarik yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Belum lengkap rasanya kalau harus kembali sebelum mengunjungi tempat-tempat wisata ikonik berikut ini.



Pengunjung tengah menikmati suasana keindahan alam di Lokawisata Baturraden. (Dimas Prabowo/Radar Banyumas)--

Lokasi pertama yang dapat dikunjungi adalah lokawisata Baturraden. Baturraden merupakan kawasan wisata yang terletak di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang indah, udara yang sejuk dan segar, serta berbagai macam fasilitas yang dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga. Di lokawisata Baturraden, ada banyak wahana permainan untuk anak-anak, seperti ATV, kolam renang, dan juga waterboom. Selain itu, juga bisa menikmati keindahan alam Baturraden dengan berjalan-jalan santai atau trekking menuju air terjun.



Selanjutnya, ada Pancuran Pitu yang juga terletak di Baturraden. Tempat ini memiliki  suasana yang asri dan menyegarkan. Seperti namanya, pancuran pitu memiliki tujuh pancuran air kaya kandungan belerang yang beras dari sumber alami. Di sekitar Pancuran Pitu juga terdapat pemandian air panas yang dapat digunakan untuk relaksasi dan menghilangkan kepenatan setelah melakukan aktivitas di lokawisata Baturraden.


Ragam wisata yang ada di dalam area Hutan Pinus Limpakuwus-Foto Kolab Instagram restyshima dan hutanpinuslimpakuwuss-

Untuk yang ingin merasakan udara segar dan menikmati keindahan alam yang indah, Hutan Pinus Limpakuwus adalah tempat yang tepat. Hutan ini memiliki hamparan pohon pinus yang hijau dan rindang, sehingga memberikan kesan yang menenangkan dan damai. Di Hutan Pinus Limpakuwus, Anda dan keluarga dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan yang indah, serta melakukan aktivitas lain seperti berkuda dan naik ATV.


Siswa SMPN 5 Purwokerto outing class jilid 2 ke Museum Wayang Banyumas, Kamis (26/1). (Fijri/Radarmas)--

Selanjutnya, bagi yang mencari wisata edukasi budaya untuk keluarga, Museum Wayang Banyumas bisa menjadi tujuan wisata yang menarik. Museum ini menyimpan berbagai koleksi wayang kulit dari berbagai daerah di Indonesia. Pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukan wayang kulit yang diselenggarakan di museum pada waktu-waktu tertentu. Selain itu, di museum ini juga terdapat toko souvenir yang menjual berbagai macam barang khas Banyumas.


Suasana kawasan pusat oleh-oleh khas Banyumas, di jalan Pahlawan, Sawangan, Purwokerto (10/11/2022). Aplikasi dolan Banyumas akan memasukan elemen pendukung wisata, salah satunya tempat penjualan oleh-oleh.-Foto Dimas Prabowo / Radar Banyumas -

Setelah lelah berjalan-jalan dan berwisata, saatnya mencicipi kuliner khas Banyumas di daerah Sawangan. Tempat ini adalah sentra jajanan yang harus dikunjungi saat ke Purwokerto. Salah satu jajanan khas Banyumas yang harus dicoba adalah Mendoan. Mendoan adalah makanan yang terbuat dari tahu yang dipotong tipis, kemudian digoreng dengan tepung dan rempah-rempah khas Banyumas. Rasanya gurih dan renyah, cocok untuk dijadikan sebagai camilan saat liburan bersama keluarga.


Ilustrasi Sokaraja- Suasana jalan Jenderal Soedirman Sokaraja 13 Desember 2022. (Dimas Prabowo/Radar Banyumas)--

Soto Sokaraja juga merupakan makanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Banyumas. Soto Sokaraja adalah soto yang dihidangkan bersama bumbu sambal kacang. Menu pilihanya ada berbagai jenis dari soto ayam, sapi, dan juga jeroan. Rasanya yang gurih dan hangat sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga di Banyumas.

Selain soto, sokaraja juga memiliki kuliner khas berupa Gethuk Goreng yang sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.


Pelajar menjajal menempel nopia ke gentong untuk dioven secara tradisional, Senin (31/10) di dampingi oleh chef Kampung Nopia. Foto Fijri/Radarmas--

Satu lagi lokasi kuliner yang harus dikunjungi saat mudik ke Banyumas adalah Kampung Nopia yang berlokasi tak jauh dari Alun-alun Banyumas. Tepatnya ada di Desa Pekunden. Tak hanya menyuguhkan salah satu jajanan khas Banyumas yaitu nopia, Kampung Nopia juga merupakan salah satu wisata edukasi. Dimana pengunjung bisa belajar dan terlibat langsung dalam proses pembuatannya.

Selain wisata dan kuliner, Banyumas juga memiliki banyak penginapan yang dapat dijadikan tempat singgah selama liburan.

Ada berbagai macam jenis penginapan yang dapat dipilih, mulai dari villa, hotel, hingga homestay. Beberapa penginapan bahkan menawarkan pemandangan alam yang indah dan fasilitas yang lengkap. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: