Jelang Arus Mudik Lebaran 2023, Masyarakat Diminta Waspadai Perlintasan Sebidang Kereta Api

Jelang Arus Mudik Lebaran 2023, Masyarakat Diminta Waspadai Perlintasan Sebidang Kereta Api

Sejumlah kendaraan melintas di perlintasan sebidang di wilayah Kecamatan Kroya-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Masyarakat khususnya para pengguna jalan diminta mewaspadai perlintasan sebidang dan sepanjang jalur kereta api. Hal ini dikarenakan potensi meningkatnya perlintasan kereta api saat mudik Lebaran 2023.

Manager Humas Daop 5 Purwokerto Krisbiyantoro mengatakan, jumlah keseluruhan perlintasan di wilayah operasional Daop 5 Purwokerto ada sebanyak 225 perlintasan.

"Katagori rawan ini di perlintasan sebidang. Kita tambahkan penjagaan ekstra dan fokus di seluruh perlintasan sebidang sudah, sudah disiapkan petugasnya," katanya.

Krisbiyantoro mengatakan, untuk di wilayah Cilacap, seperti di perlintasan Kawunganten, Jeruklegi, Gumilir, Maos, Sampang, dan Kroya, masyarakat juga perlu mewaspadai. Pasalnya frekuensi perjalanan kereta api akan meningkat. 

"Di wilayah tersebut juga termasuk rawan, tapi sudah ada palang pintu penjaga. Jadi masyarakat secara umum sudah hafal. Yang penting harus waspada dan memperhatikan rambu," katanya.

Pada Lebaran 2023 ini, pihaknya telah menyiagakan 1.334 personil dari berbagai unit untuk pengamanan mudik Lebaran 2023. 

"Kewenangan penjaga perlintasan sebidang ada di Pemda. Kita hanya membantu di angkutan lebaran kali ini dengan beberapa petugas penjaga ekstra dititik-titik rawan yang belum terjaga. Dan ini sudah kita ploting, penjaga sudah disiapkan," katanya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: