Ini Daerah Rawan Bencana Tanah Longsor di Purbalingga

Ini Daerah Rawan Bencana Tanah Longsor di Purbalingga

Bencana : Longsor dan banjir di wilayah Kecamatan Karangreja belum sampai sebulan ini.-DOK. AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Rusaknya vegetasi di pegunungan dan perbukitan di wilayah Utara PURBALINGGA,menyisakan puluhan wilayah rawan bencana alam tanah longsor dan tanah bergerak.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga memiliki catatan, ada 10 kecamatan yang rawan bencana alam tanah longsor dan sebagian lagi rawan banjir dan tanah bergerak. 

Kepala Pelaksana BPBD Purbalingga, Priyo Satmoko melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Muhsoni, Senin 27 Maret 2023 menjelaskan, wilayah rawan longsor dan tanah bergerak diantaranya, di wilayah Kecamatan Karangreja, Karangjambu, Bobotsari, Karanganyar, Kertanegara, Karangmoncol, Rembang dan sebagian wilayah Kaligondang, Mrebet, Pengadegan dan Kutasari. 

Sedangkan wilayah yang rawan banjir, antara lain wilayah Kecamatan Kemangkon, Kaligondang, sebagian wilayah Karanganyar dan Karangmoncol.

“Tak hanya longsor, hampir semua wilayah Kabupaten Purbalingga berpotensi terjadinya bencana alam berupa angin ribut dan puting beliung,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan,  jika curah hujan saat ini masih diatas normal, yaitu diatas 500 milimeter, maka potensi kebencanaan tinggi. Saat hujan berlangsung, genangan air yang bisa ditimbulkan di lokasi jatuhnya hujan cukup tinggi, jika tidak terserap ke tanah atau aliran sungai. ( amr)

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: