Jawa Tengah Jadi Sentra Gravity Mudik, Kapolda Jateng : 143 Juta Masyarakat Bergeraknya di Wilayah Jateng

Jawa Tengah Jadi Sentra Gravity Mudik, Kapolda Jateng : 143 Juta Masyarakat Bergeraknya di Wilayah Jateng

Kapolda Jateng mengukuhkan TIM PRC (Presisi Reaksi Cepat) Polresta Banyumas di lapanag Mako Brimob Purwokerto (21/3/2023).-Foto Dimas Prabowo / Radar Banyumas -

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID- Merupakan daerah Sentra Garvity Mudik, pada arus mudik dan balik lebaran tahun ini, 143 juta masyarakat diprediksi akan bergerak di wilayah Jawa Tengah. 

Hal itu diungkapkan oleh Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi. 

"Pertama Jawa Tengah merupakan sentra gravity mudik dan balik, baik menjelang puasa dan lebaran," kata Kapolda Jateng, Selasa (21/3). 

BACA JUGA:Polresta Banyumas Bentuk Tim Patroli Presisi Reaksi Cepat, Antisipasi Gangguan Kantibmas Mendatang

Kapolda melanjutkan, jika angka pemudik pada tahun ini dikalkulasikan mengalami peningkatan sebesar 4 persen secara Nasional. 

"Estimasi secara nasional naik 4 persen atau hampir 143 juta bergeraknya masyarakat di wilayah Jawa Tengah," tambahnya. 

Apalagi tol Kali Kangkung Batang, akan menjadi sental kegiatan perjalanan mudik Nasional. 

BACA JUGA:Tebing Sungai Pelus Kembali Longsor, 1 Rumah Terancam

"Oleh karena itu kemarin direktorat lalu lintas telah melaksanakan rapat rakernis di Jogjakarta, nanti tol kali kankung di wilayah kita akan menjadi sentral kegiatan mudik yang dipusatkan mulai dari Sumatera Jawa, dan Bali," jelasnya. 

Dan untuk antisipasi, agar masyarakat dapat melakukan perjalanan mudik dengan nyaman dan lancar di wilayah Jawa Tengah menurutnya, telah disiapkan berbagai langkah-langkah. 

"Pertama kita harus mengamankan kegiatan satu jalur tol, kemudian jalur Pantura, kemudian jalur-jalur Selatan dan jalur yang tidak terlalu arteri. Semua nanti akan tergelar dan kita nanti akan melakukan rapat secara eksternal lintas sektoral dalam rangka mendirikan pospam posyan dan pos terpadu. Ini kita akan lakukan bersama-sama dan pasti seluruh polda akan melakukan hal yang sama," pungkasnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: