Ramadan dan Idul Fitri, Pemkab Purbalingga Jamin Stok Sembako Aman

Ramadan dan Idul Fitri, Pemkab Purbalingga Jamin Stok Sembako Aman

SEMBAKO : Pedagang sembako di Pasar Segamas Purbalingga.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PURBALINGGA menjamin stok sembako atau sembilan bahan makanan pokok, selama Ramadan dan Idul Fitri 1444 H aman. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. 

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga Johan Arifin, kepada Radarmas, Senin, 20 Maret 2023.

"Stok sembako berbagai komoditas di Purbalingga, termasuk beras dan minyak goreng aman (selama bulan Ramadan dan Lebaran)," ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya selalu melakukan monitoring di sejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Purbalingga. Hal itu dilakukan setiap hari, untuk menjaga kestabilan harga dan stok.

"Selain itu, Pemkab akan selalu memantau, agar situasi aman dan masyarakat tidak merasa kesulitan mendapatkan Sembako," ujarnya.

Ketersediaan beras, minyak goreng, telur, cabe dan semua kebutuhan pokok harganya pun masih stabil dan terjangkau. "Semua belum ada kenaikan yang memberatkan," lanjutnya.

Hingga saat ini, belum ada keluhan masyarakat. Kalaupun ada, maka pemerintah akan merespon cepat dan melakukan sidak, melaksanakan operasi pasar murah. Tujuannya, agar masyarakat terbantu dalam menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 2023.

"Operasi pasar murah merupakan upaya meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan Sembako," katanya.

Operasi pasar murah juga dilaksanakan dengan tujuannya untuk antisipasi melonjaknya harga dan kelangkaan sembako. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: