Ramai Virus Flu Burung, Dinas Pertanian Cilacap Lakukan Pemantauan Hewan Ternak

Ramai Virus Flu Burung, Dinas Pertanian Cilacap Lakukan Pemantauan Hewan Ternak

Ramai Virus Flu Burung, Dinas Pertanian Cilacap Lakukan Pemantauan Hewan Ternak-DOK.RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID – Kasus flu burung H5N1 varian Claude 2.3.4.4b, kini mulai  merambah wilayah di Indonesia. Pemerintah pusat pun mengintruksikan seluruh daerah untuk waspada.

Tak terkecuali di Kabupaten Cilacap. Meski belum ditemukan wabah yang menyerang unggas, saat ini Dinas Pertanian pun mulai gencar melakukan pemantauan di sejumlah peternakan di Kabupaten Cilacap. 

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Cilacap, Slamet Sugino, berdasarkan Surat Edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit P2P, yang ditetapkan pada 24 Februari 2023, pihaknya terus gencar melakukan monitoring ke peternakan di Kabupaten Cilacap.

BACA JUGA:Beras Masih Langka Dipasaran, OP Beras Dilaksanakan Sampai Stok Terpenuhi

"Sejauh ini di Kabupaten Cilacap masih zero kasus. Kita sudah melakukan pemantauan dan pemeriksaan di wilayah Kecamatan Kawunganten, Patimuan, Adipala dan Sampang dan hasil cukup baik," katanya.

Kendati demikian, saat ini alokasi vaksin untuk hewan ternak di Cilacap masih belum diberikan oleh pemerintah pusat. Pihaknya pun berharap, vaksin tersebut bisa segera dikirim ke Cilacap agar memproteksi hewan-hewan ternak yang ada di Cilacap.

BACA JUGA:OP Beras Dilanjut, Dilaksanakan Dalam 1 Minggu 2 Kali, Ini Harinya

"Kami harap para peternak di Kabupaten Cilacap bisa lebih memperdulikan kesehatan hewan ternaknya. Jika ada hewan ternak yang sakit bisa segera dilakukan penanganan atau koordinasi dengan dinas terkait," kata dia. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: