Misi Kemandirian, BDI Pertamina Cilacap Latih Napi Nusakambangan Pembuatan Pupuk Organik

Misi Kemandirian, BDI Pertamina Cilacap Latih Napi Nusakambangan Pembuatan Pupuk Organik

Misi Kemandirian, BDI Pertamina Cilacap Latih Napi Nusakambangan Pembuatan Pupuk Organik-PT KPI RU IV CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP – Para napi di Lapas Nusakambangan, selama ini menjadi salah satu wilayah binaan Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina RU IV Cilacap. Tidak hanya fokus pada pembinaan spiritual kerohanian, BDI juga peduli pada upaya peningkatan keterampilan. 

 

Seperti yang baru-baru ini dilakukan berupa pelatihan pembuatan pupuk organik bagi napi Lapas Kembang Kuning, Nusakambangan, Kamis 16 Februari 2023. Pelatihan diikuti oleh lebih dari 100 napi menghadirkan pemateri, Ustadz Mauludin, staf BDI yang juga aktif pada kampanye penyelamatan lingkungan.

 

Dai Pendamping dari BDI Pertamina RU IV, Ustadz Hasan Makarim menyebutkan pelatihan ini penting untuk menambah keterampilan para napi.

 

“Selama mereka masih menjadi warga binaan hasil pelatihan ini bisa diaplikasikan di area lapas karena semua potensi ada di sini. Selanjutnya setelah mereka nanti bebas dan kembali ke masyararakat, bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan,” katanya.

 

Maka lanjut dia, pelatihan ditargetkan dilakukan beberapa tahap sampai para napi benar-benar mahir dan bisa mandiri memraktikkannya.

 

“Apa yang dilakukan Lapas Kembang Kuning ini bisa menjadi proyek percontohan. Jika terbukti berhasil bisa disebarluaskan di lapas-lapas lain di Nusakambangan maupun Cilacap kota,” imbuh Hasan.

 

Sementara itu Ustadz Mauludin menerangkan beberapa alasan pentingnya sosialisasi pupuk organik. Di antaranya program pemerintah ‘Kembali ke Alam’, timbulnya penyakit akibat konsumsi kimia, dan residu pestisida di tanah maupun tanaman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: