31 Grup Ramaikan Lomba Kentongan Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke-452

31 Grup Ramaikan Lomba Kentongan Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke-452

Tiga puluh satu grup kentongan dari 27 Kecamatan dan empat grup eksibishi mengikuti lomba Kentongan tingkat Kabupaten dalam rangka hari jadi Banyumas ke 452, jumat malam (24/2/2023). (Dimas Prabowo/Radar Banyumas)--

PURWOKERTO - Sebanyak 31 grup meramaikan lomba kentongan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Banyumas, Jumat (24/2) malam.

Dalam sambutannya, Bupati Banyumas ir Achmad Husein bersyukur pada Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke-452 ini, kembali diselenggarakan festival kentongan.

"Mudah-mudahan masyarakat bisa senang dan juga kesenian kentongan semakin maju," kata dia.

Kabag Kesra Setda Banyumas sekaligus Sekretaris Panitia Hari Jadi Kabupaten Banyumas, Suwondo Geni mengatakan para peserta kentongan dimulai jalan dari Alun-alun Purwokerto dan berakhir di Simpang Srimaya Purwokerto.

BACA JUGA:Upacara Hari Jadi Kabupaten Banyumas ke-452, Begini Pesan Bupati

"Di alun-alun Purwokerto ada panggung kehormatan," kata dia.

Dia menambahkan, total ada 31 peserta terdiri dari 27 kecamatan dan empat ekshibisi.

Dari pantauan Radarmas, beragam variasi kentongan ditampilkan di depan panggung kehormatan. Dimulai dengan peserta ekshibisi baru kemudian dilanjutkan dengan peserta dari kecamatan.

Tontonan inipun disaksikan ribuan pasang mata warga Banyumas. Salah satunya, Dwi Retno R (27), warga Patikraja. Ia bersama keluarga telah "nongkrong" di dekat panggung kehormatan sejak pukul 19.00.



Pagelaran kentongan kali ini lebih membuatnya penasaran ketimbang festival kentongan saat perayaan HUT RI tahun lalu.

"Karena kalau yang tahun lalu rutenya di Menara Teratai. Dan itu macet parah. Kalau rute yang sekarang itu seperti dulu. Saya juga dulu nontonnya di Alun-alun Purwokerto," katanya.

Ini mengobati rasa rindunya menonton kentongan. Pasalnya, terakhir Ia menonton jauh sebelum pandemi. Meski, Ia tak hafal pasti kapan terakhir Ia nonton. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: