Harga Bawang Merah di Kroya Merangkak Naik

Harga Bawang Merah di Kroya Merangkak Naik

Stok bawang merah di salah satu lapak pedagang pasar sedikit, Senin 30 Januari 2023-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.ID - Di pekan terakhir bulan Januari 2023, harga komoditas bawang merah mengalami peningkatan yang cukup tinggi, Senin 30 Januari 2023.

Pedagang di Pasar Kroya, Trio mengatakan, sudah ada empat hari bawang merah di Pasar Kroya mengalami kenaikan. Akibat kenaikan harga tersebut, banyak pembeli yang protes. 

"Saat ini harga bawang merah Rp 42 ribu per kilogram," katanya.

BACA JUGA:Tersangka Pencurian di SDN 1 Brobot Sudah Berulangkali Beraksi

Trio mengatakan, harga bawang merah sudah tinggi dari produsen. Dia mengambil stok bawang merah dari Kabupaten Brebes. Menurutnya, bawang merah dari Brebes lebih murah dibanding daerah penghasil bawang merah lainnya.

"Biasanya ambil dan Brebes, Pati. Tapi lebih sering dari Brebes, sudah dari dulu. Di sana harga kalau musim panen itu bisa hanya Rp  5 ribu per kilogramnya," ujar Trio.

Penyuluh Perindustrian Perdagangan Ahli Muda DPKUKM Cilacap, Warsun mengatakan, tidak hanya di Kroya, harga bawang merah di wilayah kota juga mengalami kenaikan. 

BACA JUGA:Info Tilangan Polisi, 78 Pengendara Terjaring Razia di Alun-Alun Purwokerto, Ini Pelanggarannya

"Pasokan dari supplier mulai berkurang seiring dengan ketersediaan stok bawang dari petani berkurang, juga karena masuk masa panen," katanya. 

Menurutnya, harga bawang merah akan kembali stabil seiring dengan ketersediaan stok yang memadai. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: