Kerusakan Lebih Luas Dari Perkiraan Awal, Perbaikan Jembatan Sungai Pelus Perlu Waktu Lebih Lama

Kerusakan Lebih Luas Dari Perkiraan Awal, Perbaikan Jembatan Sungai Pelus Perlu Waktu Lebih Lama

Jembatan sungai Pelus jalan Senopati Purwokerto yang masih ditutup total untuk kendaraan (30/1/2023). PU mengatakan penanganan pondasi jembatan yang ambrol akibat banjir belum bisa dalam waktu dekat. (Dimas Prabowo/Radar Banyumas)--

PURWOKERTO - Kerusakan fondasi daerah aliran sungai (DAS) di bawah Jembatan Sungai Pelus Jalan Senopati Purwokerto tampaknya tak selesai satu pekan ini. 

 

Kerusakan yang diprediksi bisa tuntas dalam satu pekan, harus diperpanjang. Pasalnya, ada beberapa kerusakan di bawah aliran sungai yang di awal tak terlihat.  

 

Kepala DPU Banyumas Kresnawan mengatakan, jembatan tersebut merupakan efek dari kerusakan yang terjadi di aliran sungai. 

 

"Itu juga kerusakan di sungai sendiri. Sehingga kami juga koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Serayu Sungai Opak (BBWSO). Karena itu jyga kewenangan dari BBWSO. Mereka akan memberi bantuan seperti bronjong dan lainnya," kata dia.  

 

Setelah dilakukan peninjauan lebih lanjut, terlihat bahwa banyak kerusakan di bagian bawah. Maka, lanjut dia, perlu penanganan yang begitu serius. 

 

Di sisi lain, jalan tersebut merupakan akses yang sangat dimanfaatkan masyarakat. Sehingga Bupati Banyumas pekan lalu menghendaki agar jembatan segera mungkin diperbaiki.

 

Sedangkan, di awal tahun anggaran yang belum turun juga menjadi tantangan tersendiri. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: