Sapa 2.500 Calon PMI Korsel, Ganjar Harap Ada Transfer Ilmu dan Kembali ke Indonesia

Sapa 2.500 Calon PMI Korsel, Ganjar Harap Ada Transfer Ilmu dan Kembali ke Indonesia

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara khusus menyapa mereka dan memberikan motivasi. Ganjar berharap para calon PMI yang nantinya lolos verifikasi, bisa kembali ke Indonesia dengan ilmu dan pengalaman kerja yang bisa dibagikan.--

“Karena mendasari antusias yang tinggi peserta dari Jateng. Verifikasi dokumen mulai tanggal 20 sampai dengan 27 Januari 2023 dengan jumlah pendaftar 35.589 orang dan dari Jateng 17.653 orang. Hari ini veriifkasi untuk 2.500-an peserta,” jelas Sakina.

Pada program ini, sektor kerja yang dibuka adalah sektor Manufacturing dan Perikanan. Sakina menuturkan, kebanyakan peserta dari lulusan SMK dan mereka sudah menyiapkan kemampuan bahasa Korea Selatan.

“Proses seleksinya daftar online, lalu verifikasi dokumen. Kemudian nanti ada ujian bahasa, selanjutnya melamar ke perusahaan. Dilanjutkan tes kesehatan dan proses oleh perusahaan Korsel dan penyiapan dokumen profil diri proses tsb dilakukan oleh BP2MI. Untuk kuota tahun 2023 berjumlah 12.000 pekerja rinciannya 10ribu manufakturing dan 2ribu sektor perikanan,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: