Kembangkan Wisata Banyumas Kota Lama Raya, Desa Punya Peluang Garap Eduwisata

Kembangkan Wisata Banyumas Kota Lama Raya, Desa Punya Peluang Garap Eduwisata

Penanaman pohon secara simbolis domestikasi ulat sutera attakas outdoor di bawah perlindungan jaring nilon, Rabu (11/1) di area belakang Kantor Desa Tanggeran. (Fijri/Radarmas)--

BANYUMAS-Adyatama Pariwisata Ekonomi Kreatif Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Bahrudin menyebut pada 2023 banyumas akan menggarap wisata Banyumas Kota Lama Raya.

 

Wisata Banyumas Kota Lama Raya merangkul desa wisata sekitar sebagai penyangga. Munculnya rencana proyek eduwisata berbasis budidaya sutera attakas dan kerajinan tenun dengan pendekatan community based tourism di Desa Tanggeran Kecamatan Somagede berpotensi sebagai penyangga.

 

Adanya Desa Wisata Kreatif Pekunden di Kecamatan Banyumas memunculkan peluang terciptanya kawasan wisata. Desa wisata yang ada di sekitarnya termasuk di Kecamatan Somagede menjadi penyangga.

 

"Kalau di Tanggeran ini sudah komplit sebagai wisata, dinas baru masuk. Eduwisata Tanggeran bisa jadi wisata penyangga," kata Bahrudin.

 

Bahrudin menjelaskan bahwa sektor wisata tidak dapat digotong sendiri. Sehingga, penting untuk pembangunan kemitraan.

 

"Wisata adalah orang datang, senang, belanja, kenangan dan jangan buat kecewa," tegas Bahrudin.

 

Sementara itu, dosen sekaligus peneliti Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Juli Rochmijati Wuliandari menyampaikan pembangunan eduwisata di Tanggeran secara bertahap.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: