Sebagian Jadwal Fogging Untuk Tahun Depan Dimajukan Tahun Ini

Sebagian Jadwal Fogging Untuk Tahun Depan Dimajukan Tahun Ini

Fogging dilakukan untuk membunuh nyamuk Aedes Aegypti dewasa.-DOK. ADITYA/RADARMAS-

PURWOKERTO - Tidak menunggu sampai memasuki tahun baru, Dinkes Banyumas Kamis ini (29/12) masih menjalankan fogging siklus satu di wilayah RW 11 Perumahan Griya Satria Bantarsoka.

Sanitarian Puskesmas Purwokerto Barat, Bagyo mengatakan awalnya fogging siklus satu di wilayah RW 11 Perumahan Griya Satria Bantarsoka dijadwalkan pada awal tahun. Namun dalam perkembangannya, dari Dinkes Banyumas jadwal maju pada Kamis (29/12).

"Infonya dari Dinkes Banyumas mengupayakan dari apa yang masih bisa digunakan di akhir tahun untuk fogging. Seperti campuran Dexlite yang masih ada bisa dipakai untuk melanjutkan fogging akhir tahun" katanya ditemui Radarmas, Kamis (29/12).

Bagyo menjelaskan untuk fogging siklus kedua di wilayah RW 11 Perumahan Griya Satria Bantarsoka dijadwalkan pada 5 Januari 2023. Dalam beberapa kesempatan fogging di wilayah Kecamatan Purwokerto Barat, sarang-sarang nyamuk yang coba diberantas ditemui di kebun jati atau rumah-rumah kosong yang tidak dihuni namun kurang dirawat oleh pemiliknya untuk sisi kebersihan.

"Di perumahan, sebagian rumah dibiarkan kosong karena mungkin menjadi investasi. Pemiliknya tinggal di wilayah lain," terangnya.

Dipastikannya untuk wilayah Purwokerto Barat relatif aman dari DBD meskipun di beberapa wilayahnya perlu dilakukan penanganan sampai fogging.

"Yang meninggal DBD ada. Tapi sudah beberapa tahun lalu. Disini (Purwokerto Barat) tidak darurat DBD," pungkas Bagyo. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: