Pengganti BBM Pertalite Motor dan Mobil Namanya CNG, Diklaim Lebih Irit, Harga Rp 3 Ribuan Per Liter

Pengganti BBM Pertalite Motor dan Mobil Namanya CNG, Diklaim Lebih Irit, Harga Rp 3 Ribuan Per Liter

CNG) atau bahan bakar pengganti BBM pertalite untuk motor maupun mobil diklaim lebih Irit 55 persen dibanding dengan Pertalite. Beli CNG ada di SPBG, Ini Lokasinya. Foto Pertamina --

JAKARTA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Salah satu program pemerintah pusat saat ini adalah menghadirkan Compressed Natural Gas, atau lebih dikenal dengan CNG dan menjadi BBM pengganti pertalite untuk motor dan mobil dan transportasi lainnya. BBM pengganti pertalite untuk motor dan mobil jenis CNG saat ini terus dicari masyarakat.    

BBM pengganti pertalite untuk motor dan mobil bernama CNG ini akan hadir dan sedang di kaji pemerintah termasuk kesiapannya dalam menjadikan pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite di Indonesia.

BACA JUGA:Ini Risiko dan Juga Biaya Yang Dikeluarkan Jika Mau konversi ke CNG

Kini, pemerintah berencana untuk menghadirkan CNG sebagai BBG (Bahan Bakar Gas) untuk motor, mobil, hingga perahu nelayan.

Sementara, diketahui sebelumnya BBG juga telah sukses digunakan untuk sejumlah kendaraan di Indonesia, seperti taksi, bajaj, hingga bus transjakarta.

BACA JUGA:Link Live TImnas Indonesia vs Kamboja Piala AFF 2022, Hari Ini Mulai Latihan di Jakarta, Ini Persiapannya

Direktur Utama Perusahaan Gas Negara (PGN), H Haryo Yunianto beberapa waktu lalu seperti dikutip dari disway.id mengungkapkan, saat mulai memakai CNG, maka sistem bahan bakar semua kendaraan tidak akan ada perubahan besar.

Cukup penambahan converter CNG saja. Diketahui, Pertamina sudah menyiapkan tabung ukuran 14x53 centimeter untuk sepeda motor tanpa mengganggu pengendara.

BACA JUGA:Piala AFF 2022, Timnas Indonesia VS Timnas Kamboja, PSSI: Bisa Ditonton Langsung Termasuk Lawan Thailand

Haryo Yunianto mengungkapkan, BBM pengganti pertalite untuk motor dan mobil bernama CNG ini setara Pertamax Turbo. Bahkan BBM pengganti pertalite untuk motor dan mobil ini bisa meningkatkan kinerja mesin kendaraan, membantu meningkatkan udara bersih karena emisi gas buang lebih rendah, bahkan jika dibandingkan dengan emisi gas buang penggunaan BBM Pertalite.

"CNG punya performa sempurna dari Pertalite karena bahan baku metana yang bersih dan beroktan tinggi," kata Haryo.

BACA JUGA:Valid, Isi Full Tank Motor CNG 2,5 Liter, Jarak Tempuh Bisa 100 Kilometer, Pengganti BBM Pertalite Motor Baru

1. CNG Adalah 

Menurut Pertamina, CNG adalah bahan bakar gas yang proses produksinya melalui kompresi metana atau CH4, diekstrak dari gas alam. Banyak negara sudah menggunakan CNG, khusus di Indonesia baru Trans Jakarta yang sudah menggunakan CNG sebagai bahan bakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: