CNG Pengganti BBM Pertalite Motor - Mobil Harga Rp 3 Ribu, Diklaim Setara Pertamax, Full Tank Bisa 100 Km

CNG Pengganti BBM Pertalite Motor - Mobil Harga Rp 3 Ribu, Diklaim Setara Pertamax, Full Tank Bisa 100 Km

CNG) atau bahan bakar pengganti BBM pertalite untuk motor maupun mobil diklaim lebih Irit 55 persen dibanding dengan Pertalite. Beli CNG ada di SPBG, Ini Lokasinya. Foto Pertamina --

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS – M Haryo Yunianto, Direktur Utama PGN (Perusahaan Gas Negara) mengatakan, Compressed Natural Gas (CNG) atau bahan bakar pengganti BBM pertalite untuk motor maupun mobil diklaim lebih Irit 55 persen dibanding dengan Pertalite.

Bahan bakar pengganti BBM pertalite untuk motor maupun mobil ini juga diklaim tidak perlu melakukan perubahan yang signifikan terhadap sistim bahan bakar pada kendaraan bermotor masyarakat di Indonesia.

Tak cuma itu, CNG Pengganti Pertalite motor dan mobil ini rupanya memiliki kualitas oktan yang mencapai 98 atau setara dengan Pertamax Turbo. 

Dengan demikian, CNG Pengganti BBM Pertalite Motor dan Mobil ini tentunya akan meningkatan peforma dari kendaraan serta dengan emisi gas buang yang lebih rendah dari Pertalite.

Dikutip dari disway.id, Saat ini, pihak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menjelaskan jika kualitas CNG pengganti BBM Pertalite untuk motor dan mobil ini setara Pertamax Turbo RON 98 harganya 3 ribuan rupiah.

Adanya penggunaan Compressed Natural Gas (CNG) pengganti BBM Pertalite untuk motor dan mobil ini seiring dengan rencanan pembatasan penggunaan BBM bersubsidi.

Berikut Fakta lain CNG pengganti BBM Pertalite untuk motor dan mobil:  

1. Setara Pertamax 

Diketahui, penggunaan bahan bakar CNG pengganti BBM Pertalite untuk motor dan mobil ini sendiri telah dimulai oleh pihak Pertamina dengan melakukan berbagai pengujian, baik untuk sepeda motor, mobil hingga perahu nelayan.

CNG pengganti BBM Pertalite untuk motor dan mobil sendiri mirip dengan LGV yang telah terlebih dahulu digunakan, dengan kualitas yang sama. Hanya saja CNG mempunyai tekanan yang jauh lebih tinggi dari LGV.

Kualitas pembakaran LGV setara dengan RON 98 dan ramah lingkungan namun mempunyai tekanannya berkisar antara 8-12 bar sedangkan CNG mempunyai tekanan mencapai 200 bar.

Tentunya penggunaan kualitas CNG pengganti BBM Pertalite untuk motor dan mobil setara Pertamax Turbo tersebut membutuhkan penanganan yang lebih baik agar memiiliki keamanan yang dalam pengaplikasiannya di kendaraan.

Untuk itu Pihak pertamina telah menyiapkan tangki CNG pengganti Pertalite setara Pertamax Turbo harganya 3 ribuan rupiah yang terbuat dari baja.

Dalam pengaplikasian untuk sepeda motor, pihak Pertamina akan menggunakan tabung CNG 14 x 53 cm sehingga dapat di tempatkan dengan mudah di sepeda motor tanpa mengurangi kenyamanan dalam berkendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: