Pembangunan Palang Pintu Perlintasan KA Otomatis Di Dua Jalan Kabupaten Menyusul

Pembangunan Palang Pintu Perlintasan KA Otomatis Di Dua Jalan Kabupaten Menyusul

Ilustrasi : Angkutan Nataru-Rangakaian kereta api penumpang melintas menuju selatan dari Stasiun Purwokerto (20/11/2022).--

PURWOKERTO - Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas tahun ini belum membangun palang pintu perlintasan Kereta Api (KA) otomatis yang melintas di dua jalan kabupaten karena keterbatasan anggaran.

Kasi Keselamatan Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, Mufti Hakim, SH mengatakan setelah palang pintu perlintasan KA otomatis di Desa Sawangan Kecamatan Kebasen juga di Desa Pesantren Kecamatan Tambak, untuk dua perlintasan KA lainnya yang melintas di jalan kabupaten menyusul.

"Yang direkomendasikan ada empat perlintasan KA yang melintas di jalan kabupaten untuk dibangun palang pintu perlintasan KA otomatis," katanya.

Hakim menjelaskan dua perlintasan KA yang melintas di jalan kabupaten dan belum dibangun palang pintu perlintasan KA otomatis yaitu di Desa Sibalung Kecamatan Kemranjen dan Desa Kuntili Kecamatan Sumpiuh.

"Di Desa Sawangan dan Pesantren didahulukan diantaranya karena pertimbangan keramaian lalu lintas juga keselamatan. Seperti di Desa Pesantren jalannya ramai dan beberapa kali terjadi kecelakaan disana," terangnya.

Adapun empat perlintasan KA di Desa Sawangan, Desa Pesantren, Desa Sibalung dan Desa Kuntili menjadi prioritas untuk dibangun palang pintu perlintasan KA otomatis dan telah mendapat rekomendasi dari Dirjen Perkeretaapian Kemenhub. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: