Amin Rais dan Kegagalan Partai Ummat Ikut Pemilu 2024 VS KPU RI, Simak Kronologi Lengkapnya

Amin Rais dan Kegagalan Partai Ummat Ikut Pemilu 2024  VS KPU RI, Simak Kronologi Lengkapnya

Amien Rais--

JAKARTA, RADARBANYUMAS.CO.ID - "Kami mendapatkan informasi A1 yang valid bahwa pada 14 Desember nanti seluruh partai baru dan partai nonparlemen akan diloloskan oleh KPU kecuali Partai Ummat,"

"Satu-satunya yang disingkirkan, sehingga Partai Ummat tidak bisa ikut Pemilu 2024," sambungnya. 

Begitulah kalimat Amien Rais dalam keterangan video yang diunggah melalui akunnya di Instagram @amienraisofficial, Selasa (13/12). 

Ya, Amien Rais meradang. Dia bersuara.

BACA JUGA:Live Argentina vs Prancis, Final Piala Dunia 2022, Ini Link Streamingnya

Amien Rais yang Ketua Majelis Syura Partai Ummat mengaku memperoleh informasi terkait adanya manipulasi data verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPU. Amien Rais menyebut Partai Ummat menjadi satu-satunya partai yang tidak diloloskan oleh KPU menjadi peserta Pemilu 2024.

Menurutnya, keputusan tersebut penuh kejanggalan. Sebab, beredar pemberitaan bahwa KPU diduga melakukan manipulasi data terkait partai-partai yang akan diloloskan.

"Bagi kami keputusan yang akan dikeluarkan KPU ini sangat bias dan penuh kejanggalan yang tidak masuk akal. Terlebih kita semua telah menyimak berita-berita hari ini di beberapa berita mainstream yang menyinyalir adanya manipulasi oleh KPU untuk meloloskan partai-partai tertentu," lanjutnya.

BACA JUGA:Terbukti Bersalah di Pengadilan, Doni Salmanan Divonis Hakim 4 Tahun Penjara, Ini Kesalahannya

Amien Rais juga menyebutkan pihaknya mengajukan tiga tuntutan:

  1. Menuntut semua hasil verifikasi yang telah dilakukan KPU kepada partai baru dan partai nonparlemen untuk segera diaudit oleh tim independen.
  2. Selain itu, dia juga menuntut semua hasil verifikasi administrasi yang dilakukan KPU kepada partai parlemen juga agar diaudit secara independen dan dibuka kepada publik.
  3. Terakhir, menuntut DKPP untuk memeriksa seluruh jajaran KPU, terkait adanya intervensi yang dilakukan KPU ke KPU daerah, mengenai hasil verifikasi faktual di daerah, serta segera memberhentikan oknum-oknum yang melakukan pelanggaran.

"Pernyataan ini kami buat demi menyelamatkan demokrasi yang tengah sekarat di negara ini," tuturnya.

BACA JUGA:Live Argentina vs Prancis, Final Piala Dunia 2022, Ini Link Streamingnya

Penyebab Partai Ummat Gagal Ikut Pemilu 2024, Amien Rais Perlu Tahu

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kemudian menyampaikan bahwa Partai Ummat tidak pernah menyampaikan pernyataan keberatan saat rekapitulasi hasil verifikasi di tingkat provinsi di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: