Tahun Depan Pemkab Selesaikan Palang Pintu Perlintasan KA di Sawangan

Tahun Depan Pemkab Selesaikan Palang Pintu Perlintasan KA di Sawangan

Ilustrasi Penumpang KA-Penumpang KA menuju kereta tujuan mereka yang berhenti di peron stasiun Kereta Api Purwokerto (28/10/2022).-Foto Dimas Prabowo / Radar Banyumas -

PURWOKERTO - Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas tahun depan mendapat anggaran untuk menyelesaikan palang pintu perlintasan Kereta Api (KA) yang melewati jalan kabupaten di Sawangan Kecamatan Kebasen.

Kasi Keselamatan Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, Mufti Hakim, SH mengatakan kondisinya saat ini perlintasan KA di Sawangan sudah memiliki palang pintu namun masih ditarik manual oleh penjaga. Tahun depan dengan APBD akan ditingkatkan menjadi palang pintu otomatis.

"Yang di Sawangan itu pos penjaga perlintasannya tahun ini sudah dibangun. Honor personil dari Dishub," katanya.

Hakim menjelaskan tahun ini kegiatan untuk pekerjaan palang pintu perlintasan KA yang melewati jalan kabupaten hanya di dua titik. Selain di Sawangan Kecamatan Kebasen juga di Desa Pesantren Kecamatan Tambak. Untuk pekerjaan satu pintu perlintasan biaya yang dibutuhkan kurang lebih Rp 70 juta sampai Rp 100 juta.

"Untuk macam-macam. Termasuk pos penjaga," terangnya.

Adapun untuk satu palang pintu perlintasan setidaknya dibutuhkan empat orang penjaga dengan jam kerja satu hari masing-masing delapan jam. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: