Begini Penjelasan Kepala DPU Banyumas Soal Irigasi Banjaran II Untuk Wisata River Tubing di Purwokerto

Begini Penjelasan Kepala DPU Banyumas Soal Irigasi Banjaran II Untuk Wisata River Tubing di Purwokerto

Tim dari Provinsi saat meninjau saluran Banjaran II yang bakal dimanfaafkan untuk wisata river tubing, Selasa (13/12). DPU untuk Radarmas--

 PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kawasan baru di Jalan Bung Karno bakal memiliki objek wisata baru.  Objek wisata baru itu berupa wisata river tubing yang akan dibangun dengan memanfaatkan saluran Banjaran II. 

Terkait realisasi, karena saluran itu merupakan kewenangan Provinsi. Sehingga untuk pembangunan akan dilaksanakan setelah hasil kajian teknis Pusdataru Jawa Tengah turun. 

Kresnawan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Banyumas menjelaskan, jika akan dibangunnya wisata baru river tubing itu untuk mendukung kawasan wisata terpadu modern di Jalan Bung Karno. 

Ia juga menerangkan, jika objek wisata river itu nantinya sebagai bagian dari pemeliharaan saluran Banjaran II. 

"Kami tidak akan menggangu saluran irigasi, dan ini bagian dari pemeliharaan jadi bagian dari perawatan," ungkapnya. 

Dengan mengaliri 1000 hektar sawah di lokasi itu, Kresnawan melanjutkan, untuk pemanfaatan wisata river tubing akan dilakukan sepanjang 600 meter. 

"600 Meter hanya yang akan dimanfaatkan dan tanggulanya akan kita tetap jaga," lanjutnya. 

Dan jika itu terealisasi setelah mendapatkan ijin dari Provinsi. Menurutnya, juga akan dibentuk tim dengan melibatkan masyarakat setempat. 

"Fungsi dari irigasi serta perawatannya tetap jalan, dan setelah terealisasi nanti akan kami bentuk timnya, dengan melibatkan masyarakat setempat, dan komunitas peduli sungai," tutupnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: