Waspadai Cuaca Ekstrem di Purbalingga, Ini Potensi Bencana Yang Bisa Terjadi

Waspadai Cuaca Ekstrem di Purbalingga, Ini Potensi Bencana Yang Bisa Terjadi

Petugas gabungan BPBD Purbalingga saat membereskan material tanah longsor yang terjadi di dekat jalan raya Karangreja-Pemalang, sebulan lalu.-BPBD PURBALINGGA UNTUK RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PURBALINGGA mewanti Desember ini agar mewaspadai cuaca ekstrem.

Karena sesuai data dari prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Purbalingga masuk kategori curah hujan diatas normal.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Purbalingga, Much Umar Faozi, Senin 12 Desember 2022 mengatakan, curah hujan Desember ini diatas normal, yaitu diatas 500 milimeter.

BACA JUGA:Jawab Temuan Bawaslu, KPU PurbaIingga Nyatakan 11 calon Anggota PPK Bukan Anggota Parpol

Artinya, saat hujan berlangsung, genangan air yang bisa ditimbulkan di lokasi jatuhnya hujan cukup tinggi, jika tidak terserap ke tanah atau aliran sungai.

Beberapa kondisi yang harus diwaspadai di antaranya, debit muka air sungai, jangan dekati tubuh air disaat debit sedang tinggi/ aliran deras, waspadai tanaman besar dengan ranting dan dahan yang lebat berada di dekat rumah.

"Potensi petir, angin ribut, serta cuaca ekstrem lainnya berupa hujan lebat yang bisa menghalangi pandangan jika berada di jalan raya, juga harus diwaspadai," rinci Umar.

BACA JUGA:Liga 3 Jateng Diputar Tanpa Penonton, Ini Jadwal Laga Persibangga VS PSIW

Pihaknya juga meminta masyarakat yang bermukim di seputaran tebing/dataran tinggi/ pegunungan dengan lereng curam, jika hujan terus-menerus berpotensi terjadi longsor.

"Kami meminta untuk samu waspada. Apalagi musim hujan Desember ini masih di atas normal," tegasnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: