Desa Wisata Kreatif Pekunden jadi Tujuan Studi Banding Pasca Juara 1 Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022

Desa Wisata Kreatif Pekunden jadi Tujuan Studi Banding Pasca Juara 1 Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022

Studi banding dari Kecamatan Sirampog praktek batik di Oemah Batik Desa Wisata Kreatif Pekunden, Jum'at (9/12). (Fijri/Radarmas)--

BANYUMAS-Desa Wisata Kreatif Pekunden Kecamatan Banyumas menjadi tujuan studi banding dari berbagai kabupaten. Pasca meraih juara satu Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022.

Desa Wisata Kreatif Pekunden menyedot rasa penasaran daerah lain. Terlebih bagi yang sedang membangun desa wisata.

"Kenapa Desa Pekunden bisa sampai menjadi juara satu? Kita pelajari dulu materi. Apa yang bisa dibawa ke desa kita," ujar 

Camat Sirampog Kabupaten Brebes Rade Andriana Younansyah, Jum'at (9/12).

Rade melanjutkan dari studi banding ke Desa Wisata Kreatif Pekunden. Desa di Kecamatan Sirampog memperoleh gambaran untuk menciptakan wisatanya.

Sektor wisata dapat menjadi sumber pendapatan asli desa. Sehingga, desa di Kecamatan Sirampog didorong untuk berlomba-lomba mengelola pendapatan asli desa agar bisa meningkat.

Terpisah, Analis Objek Wisata Dinporabudpar Kabupaten Banyumas Dhimas Nurseto Adi menyambut baik setiap studi banding yang datang ke Desa Wisata Kreatif Pekunden.

"Mereka studi banding sekaligus untuk membuktikan Desa Wisata Kreatif Pekunden benar ada," tukas Dhimas.

Kemenangan Desa Wisata Kreatif Pekunden dalam ajang Gelar Desa Wisata Jawa Tengah membuat kaget banyak kalangan. Sebab, Pekunden merupakan wisata baru yang belum genap satu tahun pencanangan mampu mengalahkan 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: