Sudah 75 Persen, Begini Fasilitas Kapal Wisata Sungai Serayu

Sudah 75 Persen, Begini Fasilitas Kapal Wisata Sungai Serayu

Satu unit Kapal Wisata Sungai Serayu tiba di Dermaga Tambaknegara, Kamis (24/11) langsung dilakukan proses perakitan.-Dinhub Banyumas untuk Radar Banyumas-

PURWOKERTO- Proses perakitan kapal wisata Sungai Serayu saat ini sudah berjalan 75 persen. Diharapkan sesuai target selesai pengerjaan pada 26 Desember ini. Dan kapal kedua juga sudah sampai di Dermaga Tambaknegara.

Kepala UPTD Pengelola Sarana dan Prasarana Perhubungan Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas, Taryono mengatakan, kapal wisata Sungai Serayu Akan Dibuat dua lantai. Pada lantai dasar disediakan tempat penumpang, ruang kemudi, dan toilet.

"Di lantai atas disediakan tempat foto, tapi digunakan bergantian," katanya.

Untuk pengoperasionalan kapal wisata, Dinhub Kabupaten Banyumas akan melakukan pertemuan dengan pihak-pihak terkait, direncanakan minggu depan. Akan mengundang stakeholder, pengelola wisata air, dan Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X.

Taryono menuturkan, dari BPTD Wilayah X sekaligus melakukan pengukuran kapal dan sea trial uji coba kapal. Diakukan untuk mengetahui kelayakan operasional kapal.

"Pengukuran kapal tujuannya untuk perijinan Pas Kecil, dan sertifikat kapal," tuturnya.

Kapal Wisata Sungai Serayu ini termasuk Pas Kecil, dengan tonase koror kurang dari 7 gross ton (GT). (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: