Pekunden Jadi Leader Desa Wisata Kawasan Banyumas

Pekunden Jadi Leader Desa Wisata Kawasan Banyumas

Pengunjung mancanegara antusias mempraktekkan ecoprint di stand Desa Wisata Kreatif Pekunden dalam puncak Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022, Sabtu (26/11) di Magelang. -Dhimas untuk Radarmas---

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Desa wisata di kawasan Banyumas meliputi Kota Lama, Kedunguter, Pekunden, Sunyalangu, dan Dawuhan.

Adyatama Pariwisata Ekonomi Kreatif Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas, Bahrudin mengatakan, Pekunden menjadi leader.

"Mencakup semua daya dukung sebagai desa wisata," katanya.

BACA JUGA:Cari Kerja di Banyumas Harus Bersaing dengan 50 Ribu Pengangguran, Job Fair 2022 Diharapkan Serap 5 Persen

Adapun daya dukung tersebut meliputi akses jalan yang baik, akomodasi yang memadai seperti hotel atau home stay, adanya trmpat oleh-oleh dan tempat parkir, tersedia rumah sakit atau puskesmas disertai dokter, serta ada ATM dan rumah makan.

Bahrudin menuturkan, kebijakan pengembangan pariwisata saat ini mengarah pada penguatan kapasitas kawasan. Sesuai arahan dari Kementerian melalui Destination Management Organization (DMO).

"Harus ada yang menjembatani berupa pemasaran," tuturnya.

BACA JUGA:SMP N 10 Purwokerto Diusulkan Rp 10 Miliar untuk Pembangunan Tahun Depan, Diusulkan Dindik Banyumas

Dia menyampaikan, bisa dilakukan oleh pemilik usaha sektor wisata, biro wisata, serta pemerintah desa atau kecamatan setempat. Dan menurutnya, diutamakan memiliki sumber daya manusia (SDM) yang kreatif. Bertujuan meningkatkan dan mengembangkan desa wisata lebih baik dan dikenal wisatawan luas. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: