RM Bambang Soeprapto Dipokoesoemo Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Di Purwokerto Dikenang Jadi Jalan Kombas

RM Bambang Soeprapto Dipokoesoemo Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional, Di Purwokerto Dikenang Jadi Jalan Kombas

RM Bambang Soeprapto Dipokoesoemo Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional - Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi (Purn) Arif Wachyunadi (tengah, red) saat memberikan keterangan, Senin (28/11). Ahmad Erwin/Radarmas--

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Masyarakat di Purwokerto pasti sudah tidak asing dengan salah satu nama jalan protokol yang disebut jalan Komisaris Bambang Soeprapto (Kombas). 

Saat ini, nama jalan itu yaitu Komisaris Bambang Suprapto atau yang bernama lengkap Kompol II RM Bambang Soeprapto Dipokoesoemo saat ini diusulkan untuk menjadi pahlawan Nasional. 

BACA JUGA:Bentuk Masjid Seribu Bulan di Jalan Bung Karno Purwokerto Sudah Mulai Terlihat, DPU Kebut Pembangunan Tahap 2

Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi (Purn) Arif Wachyunadi mengatakan, untuk saat ini beliau diperjuangan menjadi sebagai pahlawan Nasional. 

“Beliau akan diperjuangan sebagai pahlawan. Salah satu syaratnya adalah melaksanakan seminar. Supaya di sini ada diskusi agar didengar oleh pemangku kepentingan yang lain, apakah sesuai dengan syarat umum dan khusus dalam perundang-undangan Kepahlawanan Indonesia,” ungkapnya disela Seminar Kepahlawanan dan Kepemimpinan di Kompi Pelopor Batalyon D Satbrimob Polda Jateng Purwokerto, Senin (28/11). 

BACA JUGA:Viral Video Penampakan Harimau Jawa di Panusupan Cilongok, Ini Penjelasan Lengkap Kades Panusupan

Komjen (Purn) Arif melanjutkan, hingga saat ini baru ada dua Polri yang menjadi pahlawan Nasional. 

Sehingga dengan melalui proses pengusulan Bambang Soeprapto itu, Ia menambahkan, dapat menjadi anggota Polri yang ketiga dalam daftar Pahlawan Nasional. 

BACA JUGA:5 Kandidat Ketua Tanfidziyah PCNU Banyumas Siap Dipilih di Konfercab ke 7 pada 11 Desember, Ini Namanya

"Baru ada dua polri dan anggota polri yang menjadi pahlawan nasional, yang pertama Pak Yasin, dan kedua Pak Soekamto Kapolri Pertama. Mudah-mudahan pak Bambang ini nanti yang ketiga," tambahnya. 

Sementara itu, Komandan Kompi Pelopor Batalyon D Satbrimob Polda Jateng Purwokerto, Kompol Asfaroni, mengatakan, Komisaris Bambang Soeprapto merupakan tokoh yang memiliki perjuangan yang sangat luar biasa.

BACA JUGA:Konfercab VII NU Banyumas Digelar 11 Desember 2022, Pilih Rais Syuriyah dan Ketua Tanfidziyah 2022-2027

“Merupakan tokoh dari Mobrig (Mobil Brigadir) yang pertama menjadi komandan kompi di Semarang, dan ikut pertempuran 5 hari di Semarang," katanya. 

Setelah itu, dengan dibentuknya Komandan Mobile Brigade Karasidenan (MBK) Banyumas yang menjadi cikal bakal lahirnya Brimob. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: