Terkini, Korban Gempa Cianjur Meninggal Dunia 268 Orang, Ternyata Ada Juga 151 Orang yang Hilang

Terkini, Korban Gempa Cianjur Meninggal Dunia 268 Orang, Ternyata Ada Juga 151 Orang yang Hilang

Viral Di Postingan, Ibu Hamil 9 Bulan Kena Gempa di Cianjur Dievakuasi, Ini Gambaran Videonya . Ibu Hamil 9 Bulan Tertimpa Reruntuhan Gempa-@cianjurtoday-Instagram--

Meskipun dua rumah sakit di Kabupaten Cianjur ikut terdampak gempa, penanganan kesehatan tetap dapat dilakukan, tenda-tenda lapangan telah digelar di sekitar rumah sakit untuk dijadikan rumah sakit darurat. 

"RSUD Cianjur dan Rumah Sakit Sayang sudah beroperasi dan ditambah tenda lapangan termasuk tambahan tenaga kesehatan," katanya. 

"Sebagian dirujuk ke rumah sakit di luar Kabupaten Cianjur, 100 pasien telah dikirim ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung," tutup Suharyanto. 

Presiden Joko Widodo telah meninjau lokasi terdampak Selasa kemarin. Jokowi menyampaikan masyarakat yang rumahnya mengalami rusak berat akan mendapatkan bantuan Rp50 juta rupiah, rusak sedang 25 juta rupiah dan rusak ringan sebesar 10 juta rupiah. 

151 Orang Hilang di Gempa Cianjur 

Tim SAR gabungan masih lanjutkan upaya pencarian 151 orang yang hilang pasca gempa Cianjur, di Jawa Barat.

Menurut Kepala Tim SAR Bandung Jumaril di Cianjur, Rabu, sebanyak 796 personel diterjunkan dan d sebar ke 12 kecamatan yang terdampak gempa Cianjur.

Tim SAR diturunkan tidak hanya untuk mencari warga yang hilang, namun juga mendata kebutuhan bantuan, serta menyalurkan bantuan.

Ia mengatakan bahwa tim SAR gabungan lanjutkan upaya pencarian 151 orang yang hilang, akan dilakukan oleh dua tim, yakni Tim Potensi SAR dan Tim Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas.

Menurut dia, Tim Potensi SAR dikerahkan ke 12 kecamatan yang terdampak gempa bumi untuk melakukan asesmen kebutuhan dukungan petugas pencarian dan pertolongan sekaligus mencari korban gempa yang belum ditemukan.

"Apabila menemukan titik atau dugaan dibutuhkan bantuan pencarian dan pertolongan, Potensi SAR agar menginformasikan koordinat kepada Pos SAR Gabungan," kata Jumaril dikutip dari FIN.

Sedangkan Tim Basarnas, ia melanjutkan, fokus melakukan upaya pencarian dan pertolongan di Kampung Cugenang, Kampung Rawa Cina di Desa Nagrak, Kampung Salakawung di Desa Sarampat, dan sekitar Warung Sate Sinta.

Rencana evakuasi, jika korban ditemukan akan dibawa ke RSUD Cianjur menggunakan ambulans," kata dia.

Dia mengatakan bahwa petugas SAR juga akan mengirim barang-barang bantuan untuk pengungsi menggunakan helikopter.

"Selain rencana pencarian, agenda khusus hari ini yaitu rencana droping logistik untuk pengungsi di Desa Talaga, Kecamatan Cugenang, menggunakan helikopter BO-105 Basarnas," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: