Pemdes Pakuncen Panen Ikan Bawal Kolam Ketahanan Pangan, Hasilnya Luar Biasa

Pemdes Pakuncen Panen Ikan Bawal Kolam Ketahanan Pangan, Hasilnya Luar Biasa

Pemdes Pakuncen, Pendamping desa dan perwakilan kecamatan serta pengelola kolam saat panen perdana ikan Bawal, Selasa 8 November 2022.-AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pemerintah Desa Pakuncen Kecamatan Bobotsari, Selasa 8 November 2022 siang panen perdana ikan Bawal bernilai satu ton.

Kolam ikan itu merupakan program dengan Dana Desa (DD) tahun 2022. Kolam dengan nama kolam ketahanan pangan Desa Pakuncen ini mendukung ketahanan pangan dan dari protein hewani.

Kepala Desa Pakuncen, Suyatno mengungkapkan, kolam yang dikelola 4 bulan ini dari awal sudah dimodali bibit kisaran 3 kuintal.

Lalu pada panen perdana kali ini bisa menambah kesejahteraan warga.

"Kami jual harga per kilo Rp 20 ribu. Di pasaran bisa mencapai Rp 24 ribu perkilo. prinsipnya kami jalankan program ketahanan pangan hewani," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, kolam ini juga sebagai upaya pemerintah desa dan kabupaten untuk menciptakan dan menyediakan bahan pokok makanan protein hewani dan bisa dinikmati masyarakat dengan membeli harga terjangkau.

"Dengan tercukupi protein hewani ini, harapannya kesehatan semakin terjaga dan bisa bersama membangun Pakuncen dengan lebih baik," katanya di lokasi kolam ikan wilayah Dusun 1.

Lebih lanjut dikatakan, profit sharing hasil panen yaitu 65 persen untuk pengelola dan 35 persen masuk pendapatan asli desa.

Lilis Rokhyati, Pendamping Desa Profesional wilayah Pakuncen didampingi dua pendamping lainya mengungkapkan, dalam rangka kegiatan ketahanan pangan,  20 persen DD untuk ketahanan pangan paska Covid 19. Terutama mengantisiapsi terjadinya kelaparan warga Desa Pakuncen.

"Arahan penanganan untuk dilanjutkan, harapannya terintegrasi dengan kegiatan  lain, aset milik desa. Kolam dengan tanaman alpukat, ada rumah makan, tempat bermain anak. Semoga tahun depan usai wabah penyakit mulut dan kuku sirna, maka hewan ternak lain akan bisa dibudidayakan lagi dengan kerjasama yang baik," ujarnya. (amr/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: