Pengalaman Kemal Fuad Ramadhan yang Asli Purwokerto Sebagai Pemandu Lagu Korea, Paling Banyak Fans BTS

Pengalaman Kemal Fuad Ramadhan yang Asli Purwokerto Sebagai Pemandu Lagu Korea, Paling Banyak Fans BTS

SERU MEMANDU : Penampilan pemandu lagu Korea saat memandu Army Noraebang di Zodiac, 18 September lalu.-Kemal Untuk Radarmas -

Kemal Fuad Ramadhan (34), sudah dua tahun menjadi Pelakor (Pemandu Lagu Korea). Sebuah usaha yang bergerak di bidang jasa karaoke massal. Sesuai namanya, play list yang diputar adalah tembang-tembang kekinian asal Negeri Ginseng, Korea Selatan. 

AAM JUNI, Purwokerto 

Kemal, sapaan akrabnya sudah lama jadi penikmat produk budaya Negeri Ginseng. Mulai dari film sampai lagu. Hingga telinganya yang semakin akrab dengan lantunan lagu-lagu BTS, Blackpink, Twice, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Dana Eks PNPM Diduga Disalahgunakan di Kecamatan Kedungbanteng, Dua Orang Ditahan, Sita Dokumen

"Kebetulan penikmat," katanya. 

Pria asli Purwokerto ini adalah salah satu inisiator dari Pelakor. Yakni sebuah produk dari Karaoke Bersama Kawan (Karokewan), yang merupakan sebuah unit pesta dalam naungan koperasi ke666elapan yang bergerak di bidang karaoke massal.

BACA JUGA:Polisi Bisa Tilang Manual Jika Pelanggaran Berpotensi Sebabkan Lakalantas, Apa Saja?

"Lini bisnis Koperasi Ke666elapan dibuat untuk kemandirian finansial di teman-teman komunitas. Supaya koperasi tetap berjalan. Selain dari iuran anggota, kita bikin lini bisnis," katanya. 

Dikatakan, karokewan terbentuk pada 2019 lalu. Tepatnya bulan Januari. Awal mulanya tidak spesifik untuk memutar lagu-lagu Korea. Meski Kemal sudah menyadari, bahwa ada potensi cuan dari besarnya gelombang K-Pop yang semakin hari semakin menginvasi.

BACA JUGA:Ini Kronologi Percobaan Pemerkosaan di Cilongok, Kasat Reskrim : Korban Berhasil Berontak dan Kabur

"Januari, pertama kali bikin acara mandiri. Mulai 2022 pertengahan, berinisiatif bikin Korea yang sempat tertunda di pandemi," ucapnya. 

Referensi dari terbentuknya Pelakor, dia sebut, berkiblat pada Friday Noraebang. Karaoke massal yang memainkan lagu-lagu Korea asal Bandung. 

BACA JUGA:Pelaku Tindak Pidana Kekerasan dan Percobaan Pemerkosaan di Cilongok Diciduk Polresta Banyumas

"Maret 2020, ulang tahun J-Hope full lagu-lagu BTS. Ada 20 lagu. Kemudian vakum karena pandemi. Juni 2022, kita dapat cap jadi pemandu lagu karaoke," terangnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: