Hambatan Uji Coba Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Online Teratasi di Banyumas

Hambatan Uji Coba Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Online Teratasi di Banyumas

Hambatan pelayanan di Puskesmas Karanglewas karena uji coba SIMPUS online pada Senin (24/10) teratasi.-Foto Yudha Iman P / Radar Banyumas -

PURWOKERTO - Puskesmas mulai meninggalkan sistem pelaporan konvensional yang mengandalkan laporan tertulis.

Di Banyumas, Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS) online kini telah diterapkan meski pelayanan di sebagian puskesmas sempat terhambat dengan adanya uji coba SIMPUS online.

BACA JUGA:Viral, Maling Kabel PT KAI Pakai Motor PCX Terpasang Stiker Real Madrid, Ketahuan Direkam Lalu Ancam Bunuh

Kasubag TU Puskesmas Karanglewas, Teguh Purnomo, SKM mengatakan permohonan maaf terhambatnya pelayanan karena ada uji coba SIMPUS online dipasang sekitar dua bulan yang lalu. Kondisi untuk saat ini, aplikasi sudah berjalan lebih lancar dibandingkan saat awal.

"Hambatan sempat muncul saat mengentry data pasien. Lama masuk. Sekarang sudah lebih cepat," katanya ditemui Radarmas, Senin (24/10).

BACA JUGA:Ganjar Ngaku Siap Jadi Presiden, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto: Ganjar Akan Kami Lakukan Klarifikasi

Dengan mengentry data secara manual menurutnya bukan menjadi solusi terbaik. Pihaknya masih harus mencari berkas pasien yang justru memakan waktu pelayanan lebih lama. Selain itu nomor urut pasien yang sebelumnya sudah teratur sesuai kedatangan di online juga bisa teracak.

"Lebih mudah dan cepat online. Manual memakan waktu," terang Teguh.

BACA JUGA:Via Vallen Curhat Setelah Alami Keguguran

Selain itu dengan SIMPUS online, data pasien langsung tersimpan ke dalam database yang dapat ditampilkan sebagai histori pasien atau rekam medik. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: