Pasar Keuangan Rakyat Tingkatkan Perekonomian Daerah

Pasar Keuangan Rakyat Tingkatkan Perekonomian Daerah

Pembukaan Pasar Keuangan Rakyat ditandai dengan pemukulan kentongan bersama, Sabtu (22/10) di GOR Satria Purwokerto.-LAILY/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Bulan Inklusi Keuangan yang diperingati pada Oktober setiap tahunnya, kini kembali diselenggarakan, setelah dua tahun vakum karena pandemi covid-19. Kali ini diselenggarkan di GOR Satria Purwokerto, Sabtu (22/10) dan Minggu (23/10).

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono menyampaikan, sektor keuangan jadi lokomotif pertumbuhan ekonomi. Dan diharapkan kegiatan Pasar Keuangan Rakyat ini bisa turut serta meningkatkan perekonomian, terutama di Kabupaten Banyumas.

"Mudah-mudahan acara seperti ini bisa diselenggarakan setiap tahun ," harapnya saat menyampaikan sambutan pada seremonial pembukaan Pasar Keuangan Rakyat, Sabtu (22/10) di GOR Satria Purwokerto.

Pada acara tersebut juga dihadiri Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sophia Wattimena. Dia mengatakan, perlu ada kolaborasi antara lembaga jasa keuangan, industri jasa keuangan, serta dukungan dari perbankan, Bank Indonesia, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

"Dengan kolaborasi luar biasa, diharapkan benar-benar bisa meningkatkan perekonomian daerah," kata Sophia.

Sementara itu, Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (KOJK) Purwokerto, Riwin Mirhadi menuturkan, Pasar Keuangan Rakyat merupakan cara OJK mendekatkan diri bersama lembaga keuangan dengan masyarakat.

Di mana ini salah satu cara menggugah masyarakat untuk transaksi keuangan di lembaga yang resmi. Dan selama Pasar Keuangan Rakyat berlansung, tidak ditarget kunjungan atau transaksi.

"Masyarakat yang datang tidak hanya bisa transaksi, tapi juga dapat edukasi," papar Riwin.

Pada kegiatan Pasar Keuangan Rakyat, ada regulasi OJK, BI, perbankan, dan non bank seperti UMKM  sektor riil, dan desa binaan OJK.

Selama kegiatan berlangsung, pengunjung bisa makan enak hanya bayar Rp 1 melalui transaksi QRIS. Berlaku mulai pukul 16.00 sampai 18.00, dan kuota terbatas. (rdr/ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: