Pencarian Pagi Ini, Korban Longsoran Sungai Pelus Berhasil Dievakuasi Setelah Lebih dari Sejam di Reruntuhan

Pencarian Pagi Ini, Korban Longsoran Sungai Pelus Berhasil Dievakuasi Setelah Lebih dari Sejam di Reruntuhan

TIM SAR gabungan bersama warga mengevakuasi jenazah dari reruntuhan longsor akibat banjir sungai Pelus, Arcawinangun, Purwokerto (20/9/2022). Arus yang masih kuat dan tanah yang belum stabil membuat evakuasi jenazah korban longsor Arcawinangun cukup sulit-Foto Dimas Prabowo/Radar Banyumas -

Radarbanyumas, Purwokerto- Badan SAR Nasional (Basarnas) Pos Cilacap bersama dengan SAR gabungan dari berbagai elemen berhasil mengevakuasi korban longsoran sungai Pelus di Kelurahan Arcarawinangun Purwokerto, Selasa (20/9) pukul 09.00 pagi ini. 

Korban yang merupakan lansia bernama Susilowati (86) itu berhasil ditemukan dibawah reruntuhan bangunan dampak longsor Sungai Pelus setelah dilakukan pencarian lebih sejam. 

Satrio Nurridanto, Kepala Sub Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Pos Cilacap mengatakan, setelah dilakukan pencarian kurang lebih sejam korban atas nama Susilowati (86) saat ini telah berhasil dievakuasi dengan status sudah meninggal dunia. 

"Untuk gerakan SAR gabungan pagi ini, kita jam 7 melakukan briefing bersama setelah itu kita melaksanakan pencarian menuju lokasi longsor," katanya. 

Kemudian pada jam 08.00 WIB dilanjutkan pencarian korban di sekitar longsoran 

"Hampir kurang lebih satu jam berada di lokasi sekitar jam 8 kita melakukan pencarian di sekitar lokasi longsor kurang lebih 1 jam. Alhamdulillah, tim sar gabungan berhasil mengevakuasi korban jam 9" tambahnya. 

Satrio juga menerangkan, jika dalam proses evakuasi terdapat kendala, sehingga baru dapat dimaksimalkan pagi ini setelah Susilowati dinyatakan hilang terbawa longsor pada Senin (19/9) pukul 19.30 WIB malam kemarin. 

"Kendalanya karena lokasi kejadianya di atasnya rawan longsor terus menuju kelokasi sungai, jadi rawan arus, banjir kiriman dan terseret arus. Apalagi longsornya ketinggiannya 22 meter," pungkasnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: